Relawan Kemanusiaan Gresik Dalam Milad Ke 1 tahun 2022, Menggelar Aksi Donor Darah

 




GRESIK, suryaindonesianews.com

Manfaat Donor Darah sangat banyak bagi Pendonor untuk Kesehatan, salah satunya tubuh menjadi Fit karena Produksi Darah diperbaharui, Tekanan Darah Lebih Stabil, dan Tubuh menjadi menyeimbangkan dengan kebutuhan. 

 


Manfaat Donor Darah bagi Pendonor teratur juga dapat membantu Membakar Kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Hal ini karena rata-rata Orang Dewasa dapat membakar 650 Kalori saat memberikan 450 Ml darahnya.

 


Selain bermanfaat bagi diri sendiri, dengan melakukan Donor Darah juga dapat menjadi Pahlwan bagi saudara kita yang sedang membutuhkan Bantuan Darah. Sebab, satu orang yang mendonorkan darahnya bisa menolong Tiga Orang yang membutuhkan darah, khusunya bagi Pasien Kanker Darah (Leukemia).

 


Dalam rangka Milad Ke 1 tahun 2022, Relawan Kemanusiaan Gresik bersama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Gresik Menggelar Aksi Donor Darah yang berlangsung pada Minggu 6 Pebruari 2022 pukul 08.00-12.00 WIB.



Donor Darah massal ini dilakukan di Sekretariat Relawan Kemanusiaan Gresik di Kedai 44, Jl. Panglima Sudirman No. 44, Sidokumpul Kec. Gresik, Kab. Gresik, yang mendonorkan Darah ya antara lain  : Warga Umum, Relawan Kemanusiaan Gresik, Personil Anggota Sabhara Polres Gresik, dan Pengurus Pajero Indonesia

Bersatu Joko Samudro Chapter



"Kita itu berasal dari Pegiat PMR dan KSR, seiring perjalanan dan karena kesibukan, sehingga nyaris kehilangan kontak, namun dari puluhan orang yang biasa ngobrol di Warung Kopi, akhirnya kita sepakat membikin Relawan Kemanusiaan Gresik (RKG),"jelas Yossi Putra Darmawan 


Namun ungkap Yossi Putra Darmawan Ketua Baru Relawan Kemanusiaan Gresik (RKG) dengan adanya kegiatan Donor Darah ini maka Stok Persediaan Kantung Darah di Unit Donor Darah (UDD) Kabupaten Gresik dalam Status Aman


Stok Persediaan Kantung Darah menjadi bertambah. Sehingga, lanjut Yossi Putra Darmawan, keluarga Pasien bisa mendapatkan Kantung Darah dengan mudah.


Dari kegiatan Donor Darah ini ujar Yossi Putra Darmawan, terkumpul sebanyak 65 Kantong Darah, sementara 10 orang Pendonor tidak berhasil diambil Darahnya dengan beragam alasan. Ia mengatakan Kegiatan ini akan dilakukan secara Rutin oleh para Penggiat Relawan Kemanusiaan Gresik tersebut. 


Lebih lanjut dikatakan Relawan Kemanusia Gresik (RKG) merayakan Ulang Tahunnya yang pertama, dan dari Kesepakatan Pengurus digelar Donor Darah di Sekretariat Relawan Kemanusiaan Gresik (RKG). 


Dalam waktu dekat, Insya Allah bulan Maret 2022 akan digelar Baksos pada Kelompok Pasukan Kuning dan juga Pemulung di Lingkungan TPA Ngipik Gresik,  juga akan menghubungi kembali Aktivis PMR dan KSR yang dulu pernah aktif dari mulut ke mulut, "ujar Yossi Putra Darmawan Ketua Relawan Kemanusiaan Gresik. 


Salah satu peserta, Hj. Enggar (53 thn) mengaku senang bisa ikut Donor Darah, karena sudah rutin dilakukan, selain alasan sehat, juga kadang ada hadiah Door Prize. 


"Saat ini kami sudah sering Donor Darah, hal ini semata-mata karena ingin sehat, dan juga bagian dari Sedekah Darah untuk Kemanusiaan, kalau ada tambahan kayak saat ini berupa Beras 5 Kg dan Undian Motor, ini yang bikin tambah semangat, namun niatnya adalah Sehat dan Sedekah Darah,"ucap Hj. Enggar usai selesai Donor Darah. 


Salah seorang Angota Pengurus Pajero Indonesia

Bersatu Joko Samudro Chapter yang mendonorkan Darahnya menuturkan Aksi Donor Darah ini dilakukan sebagai bentuk Kepedulian dari para Relawan Kemanusiaan Gresik. (Sp)

Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar