Paguyuban Pelestari Budaya Aksara Jawa Menggelar Silaturahmi

 


MOJOKERTO, suryaindonesianews.com

Paguyuban Pelestari Budaya Aksara Jawa Petilasan Maha Patih Narotama Jolotundo Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, pada hari Minggu (17/04/2021) menggelar Silaturahmi. Rahayu-Rahayu. Hal ini sangat mengkhawatirkan akan Kelestarian Budaya lokal terutama di Budaya Aksara Jawa. 



Kendala yang masih dihadapi adalah tentang Generasi Muda yang kurang tertarik untuk mengetahui sejarah-sejarah yang ada di Negerinya sendiri, lebih suka membaca Sejarah atau Cerita yang berasal dari Negara Asing.


Jika tidak adanya Promosi yang Mengangkat sejarah dalam Negeri maka dampak yang paling besar adalah Kepunahan Sejarah. Untuk itu kita sebagai Anak Bangsa dan Generasi Muda ingin mengangkat kembali Budaya Leluhur dengan Pembentukan Paguyuban Pelestari Budaya Aksara Jawa (PPBAJ), diketuai oleh Bagus Heri Setiadji (Kang Bagus Mpu Batu).


Dengan hadirnya Paguyuban Pelestari Budaya Aksara Jawa (PPBAJ), kedepanya berharap kepada StakeholdercPemerintah lebih Intend dan berkesinambungan dalam budaya lokal Aksara jawa untuk bisa dikenal dilestarikan dan dikenalkan ke Lokal, Nasional dan Manca Negara. Dengan keseriusan Para Penisepuh dan Para Kadang Peduli Budaya Jawa hadir dari Kabupaten Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Gresik,Kotamadya Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Jombang.


Wakil Ketua Paguyuban Pelestari Budaya Aksara Jawa (PPBAJ) Kang Wiji menyampaikan dalam waktu dekat ini akan mengadakan Event Tunggal dalam beberapa bulan ini untuk Pembelajaran dan Penulisan Aksara Jawa serta Memamerkan Hasik karya Tunggal di Sekolah atau Sanggar. Mohon dukunganya,"katanya


Sementara Eddy Purwanto, S.E, S.H (Kang Wanto) Sekretaris PPBAJ menjelaskan dengan kebersamaan dan kesepakatan yang ada dalam waktu dekat ini Paguyuban ini kita dorong untuk Melegalitaskan agar bisa berjalan dan bersinergi . harapan kedepanya  Program Paguyuban Pelestari Budaya Aksara Jawa (PPBAJ), bisa bersinergi Steakholder Pemerintah dan lainya juga serta bisa pelaksana secara Teknis di masyarakat umumnya terutama Kalangan Muda Mudi dalam Pengembangan, Pengenalan Penguatan  dan Pelestarian Budaya Aksara Jawa,"jelasnya. (Sp)

Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar