Grand Launching Mall Pelayanan Publik Gresik Gus Yani Didaulat Menjadi Saksi Pernikahan Janda Dan Duda



 GRESIK, suryaindonesianews.com

Grand Launching Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik di Era Gresik Baru bisa buat Nikahan ? kenapa tidak. Setidaknya hal ini dirasakan oleh Pasangan Jamin (58 thn) dan Siti Asiah (53 thn) keduanya berasal dari Desa Banjaragung Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. Tak tanggung-tanggung, Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E yang akrab disapa Gus Yani bertindak sebagai Saksi.



Usai Melaksanakan Grand Launching Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik bersama Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB) Prof. Dr. Diah Natalisa, M B.A, pada hari Rabu (07/04/2021) dan Berkeliling setiap Gerai Layanan Kantor Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik di Bumi Para Wali tersebut berdiri diatas Lahan 2.116 meter Persegi Layanan Mall Pelayanan Publik (MPP) dengan Tiga Lantai dan Beroperasi pada hari Senin hingga hari Jum'at pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.



Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E yang akrab disapa Gus Yani langsung didaulat untuk menjadi Saksi Pernikahan Pasangan Janda dan Duda di Balai Nikah Kemenag Kabupaten Gresik yang ada di Kantor Layanan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik.



“Karena sudah Menikah, KTP Baru yang telah dirubah statusnya menjadi Kawin langsung jadi dan Kami serahkan,"ujar Gus Yani sambil menyerahkan KTP Baru Kedua Pasangan Sekaligus Dua Buku Nikah dan Kartu Nikah.



Saat ditanya Awak Media, apakah Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik bisa dipakai sebagai Tempat Akad Nikah di kemudian hari. Gus Yani menjawab, Bisa. Bahkan Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E yang akrab disapa Gus Yani menyatakan akan melengkapi beberapa Fasilitas yang dibutuhkan.



Tentu saja tak hanya Balai Nikah, beberapa Gerai Layanan Lain juga tak kalah menariknya. Ada 22 Perwakilan Kantor Dinas yang ada di Kabupaten Gresik yang Membuka Layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik.



Menurut Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E yang akrab disapa Gus Yani Grand Launching kali ini memang Re Launching setelah pada 15 September 2019 sudah di Soft Launching. “Saat itu saya selaku Ketua DPRD Kabupaten Gresik hadir pada Soft Launching,"kata Gus Yani, Ketika memberikan sambutan pada Grand Launching kali ini.



“Mestinya Grand Launching kali ini dilakukan oleh Menteri PAN-RB H. Tjahjo Kumolo, S.H, namun mendadak pada pagi tadi Bapak Menteri PAN-RB dipanggil Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, agar hadir pada Rapat Terbatas,"kata Bupati Gresik Gus Yani.


Pada kesempatan itu, Bupati Gresik Gus Yani berharap setelah diresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik ini bisa meningkatkan Investasi di Gresik dengan berbagai Kemudahan. Intinya ada Peningkatan Pelayanan Birokrasi terutama di Bidang Perijinan.


“Perijinan harus benar-benar Cepat. Kita buka Investasi seluas-luasnya agar Investasi mengalir dan bisa memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat.”harap Bupati Gus Yani.


Sebagai Kabupaten Gresik yang berjuluk Industry, Bupati Gus Yani menyatakan Prihatin atas Jumlah Pengangguran terbuka di Wilayahnya. Dia menyebut jumlah Prosentase Pengangguran di Kabupaten Gresik mencapai 8%. Jumlah itu melebihi Angka Nasional yang 7% dan Angka Jawa Timur hanya 5%.


Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E yang akrab disapa Gus Yani, Optimis adanya 3 (Tiga) Kawasan Besar Industry yaitu Maspion, Kawasan Industri Gresik (KIG) dan.

Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) serta didukung  kemudahan Perijinan dan Investasi, kedepan bisa memberikan angin segar untuk Mengurangi Jumlah Pengangguran di Kabupaten Gresik.


Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB) Prof. Dr. Diah Natalisa, M B.A, yang mewakili Menteri PAN-RB H. Tjahjo Kumolo, S.H, saat menyampaikan bahwa Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik adalah Mall Pelayanan Publik (MPP) yang Ke 40 di Indonesia, yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 245 atau berada di sisi Timur Kantor Bupati Gresik ini mempunyai 133 Jenis Layanan dari 16 Instansi yang terintegrasi dalam Mall Pelayanan Publik (MPP).


Mall Pelayanan Publik (MPP) didirikan untuk memberi Kemudahan, Kecepatan, Keterjangkauan, Keamanan dan Kenyaman kepada masyarakat dalam mendapatkan Pelayanan. Hal tersebut selaras dengan arahan serta sesuai yang diharapkan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, agar Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik ini bisa melaksanakan Percepatan Reformasi Birokrasi dan Memudahkan Proses Perijinan.


“Agenda penting yang harus kita laksanakan yaitu Perbaikan Kualitas Pelayanan Public agar kepercayaan masyarakat semakin meningkat. Jangan lupa, agar SDM Aparatur terus ditingkatkan.” Pesannya saat membacakan sambutan Menteri PAN-RB.


Prof. Dr. Diah Natalisa, M B.A, juga menyampaikan selamat kepada masyarakat Gresik atas diresmikannya Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik ini, semoga Mall Pelayanan Publik (MPP) bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Disinilah Negara hadir di tengah masyarakat.


Selain Deputi Bidang Pelayanan Publik Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A, Beberapa Pejabat Kementerian PAN-RB juga hadir yaitu : Plt. Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Drs. Agus Uji Hantara, M.E, Staf Ahli Menteri PAN-RB Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Drs. H. Jufri Rahman, M Si, Staf Khusus Menteri PAN-RB Bidang Penanganan Radikalisme Brigjen Pol Yoyon Tony Surya Putra, S.I.K, M.H, Staf Khusus Menteri PAN-RB Bidang Penanganan Anti Korupsi Rakhmad Setyadi, Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum Muhammad Immanudin, serta Staf Khusus Menteri PAN-RB Bidang Pelayanan Publik dan Umum Saifudin Latief, dan Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II, Kemenpan-RB Noviana Andrina, S.H, M.A.P


Sedangkan dari Jajaran Pemkab Gresik, selain Bupati H. Fandi Akhmad Yani, S.E yang akrab disapa Gus Yani, tampak hadir Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah M.Pd yang akrab disapa Bu Min, Pj Sekretaris daerah Kabupaten Gresik Drs. Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno, M.M dan Jajaran Forkopimda Gresik, serta Undangan dari berbagai Kelompok Kepentingan dan Asosiasi. 


Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik juga telah dilengkapi dengan berbagai Fasilitas yakni Kafe, Ruang Tunggu, Ruang Laktasi, Mushola, Toilet, dan Tempat Bermain anak. Selain itu dalam memanfaatkan Teknologi, Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik mempunyai Mesin Antrean yang memudahkan Masyarakat dalam memperoleh Layanan dari para Petugas. 


Gerai Layanan di Kantor Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik antara lain : BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), BUMD, (PDAM), Kantor Imigrasi, Polres Gresik, Bank Jatim, Kejaksaan Negeri Gresik, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Pengadilan Negeri Gresik, Pengadilan Agama, Kementerian Agama, Kafetaria, Balai Nikah, Pojok Literasi. (Adv.Sp)

Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar