Komisi III DPR RI Setujui Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si Sebagai Kapolri

 


JAKARTA, suryaindonesianews com

Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry menyampaikan bahwa setelah melakukan Uji Kepatutan dan Kelayakan (Fit and Proper Test), adalah Bagian dari Tugas Konstitusional DPR RI. Serta mendengarkan pendapat akhir dari semua Fraksi-Fraksi Komisi Bidang Hukum di DPR RI.

 

Komisi III DPR RI, memutuskan secara mufakat menyetujui usulan Presiden RI Ir. H.Joko Widodo mengenai calon Kapolrii.



"Dengan demikian, berdasarkan Pertimbangan dan Catatan yang disampaikan oleh fraksi-Fraksi, akhirnya Pimpinan dan Anggota Komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui Pemberhentian dengan Hormat dari Jabatan Kapolri atas nama Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si dan menyetujui Pengangkatan Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si sebagai Kapolri,"kata Herman Herry Ketua Komisi III DPR RI dalam Keputusan hasil Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Kapolri, di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta, hari Rabu (20/01/2021).


Herman Herry Ketua Komisi III DPR RI menjelaskan berdasarkan Pasal 11 UU No 2 tahun 2002 tentang Polri. Presiden R I mengajukan nama Calon Kapolri ke DPR R I,  selanjutnya DPR R I dapat menyetujui atau menolak usulan Presiden R I tersebut.


"Maka dari itu, Proses Fit and Proper Test ini akan menjadi proses terakhir dalam Rangkaian Pengangkatan Calon Kapolri,"ucap Herman Herry


Lebih lanjut, berdasarkan UU, Polri di dalam Tugas dan Fungsinya menjalankan Fungsi Pemerintah Negara di dalam pemeliharaan negara dan masyarakat, Penegakan Hukum Pengayoman dan Pelayanan kepada masyarakat. Atas dasar itu, menurut Herman, Posisi Kapolri adalah jabatan yang sangat Strategis.


"Maka dari itu posisi Kapolri adalah Jabatan yang sangat Strategis selaku Pemegang Komando Tertinggi Organisasi Polri,"ujar Politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu.


Dalam Fit and Proper Test Calon Kapolri,  Komisi III DPR R I beragendakan Penyampaian Arah k

Kebijakan Kapolri, Dialog dan Tanya Jawab, lalu surat pernyataan Kapolri dan Komisi III DPR, lalu Pandangan Fraksi-Fraksi diikuti Pengambilan Keputusan.


"Terakhir, keputusan Persetujuan atau Penolakan usul pengangkatan Calon Kapolri yang diajukan presiden,"pungkas Herman Herry


Herman Herry juga mengatakan, bahwa hasil keputusan Fit and Proper Test ini akan dibawa dalam Rapat Paripurna DPR RI terdekat dan akan diproses sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan.


"Yang selanjutnya akan ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI terdekat dan akan diproses sesuai dengan aturan perundang-undangan,"sebut Legislator PDI Perjuangan itu.


Seperti diberitakan sebelumnya, DPR RI telah menerima Surat Presiden (Supres) atas nama Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si sebagai Calon Tunggal Kapolri, pada hari Rabu (13/01/2020) yang diterima langsung oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.


Supres bernomor: R-02/Pres/01/2021 tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Sekertaris Negara (MensekNeg) Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc. (Smk)

Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar