Kabupaten Gresik, Jawa Timur Akhirnya Menerima Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap Pertama

GRESIK, suryaindonesianews.com

Sebanyak 3000 VIAL Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap Pertama akhirnya tiba di Kabupaten Gresik, hari Rabu siang (13/01/2021), pukul 13.30 WIB. Didistribusikan melalui Jalur Darat dan dikawal dengan Tiga kendaraan Baracuda Polda Jatim serta puluhan Anggota TNI/Polri, 

Distribusi Vaksin Covid-19 Sinovan ini menggunakan Mobil Box Khusus dengan Pengawalan Ketat dari Kepolisian.

Kedatangan Vaksin Covid-19 Sinovac diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik. Vaksin tersebut disimpan di Gudang Kantor UPT Pengelola dan Pelayanan Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, No. 702, Kembangan, Kec. Kebomas, Kab. Gresik, 

Serah terima Vaksin Covid-19 Sinovac Tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim, M.Si, didampingi Kapolres Gresik AKBP Arief Fritrianto, S H, S.I.K, M.M, Dandim 0817 Letkol (Inf) Taufik Ismail, S Sos, M.Pol dan Juru Bicara Satgas Covid-19 Gresik drg. Saifudin Ghozali Selaku Kadinkes Kabupaten Gresik.

Wakil Bupati Gresik, Dr. H. Moh. Qosim, M.Si menyampaikan bahwa di Kabupaten Gresik akan mendapatkan Jatah Vaksin Covid-19 Sinovac sebanyak 5920 VIAL, sedangkan untuk kedatangan Vaksin Covid-19 Sinovac pada hari Rabu siang ini telah tiba pengiriman tahap pertama sebanyak 3000 VIAL Untuk pengiriman tahap kedua masih menunggu Informasi lebih lanjut dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.


“Di Tahap pertama ini sudah Kami terima Vaksin Covid-19 Sinovac sebanyak 3000 VIAL. Diprioritaskan untuk Tenaga Kesehatan (Nakes), Polri dan TNI ya,"ucap Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim, M Si dihadapan Awak Media, hari Rabu siang (13/01/2021).


Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim, M Si menambahkan, untuk Orang Pertama yang akan diberikan Vaksinasi Vaksin Covid-19 Sinovac yaitu Jajaran Pejabat Forkopimda Gresik, ada sekitar 10 Orang.


“Orang yang Pertama akan di Vaksinasi Vaksin Covid-19 Sinovac adalah Kapolres Gresik, Dandim 0817/Gresik, Rekan-Rekan Nakes dari Dinas Kesehatan mulai kepala Dinasnya serta Ikatan Dokternya dan Perawatnya. Begitu juga dari Unsur Tokoh Agama seperti MUI, NU Muhammadiyah dan LDII, serta ada juga Tokoh Masyarakat yang lain,"tutur Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim, M Si


Wakil Bupati Dr. H. Moh. Qosim, M Si mengatakan, untuk Vaksinasi Vaksin Covid-19 Sinovac akan dilaksanakan hari Jumat (15/01/2021) bertempat di RS. Ibnu Sina Bunder Gresik


“Karena RS Ibnu Sina sudah Ready untuk Tempatnya, Tenaga Kesehatan, Fasilitas Pelayanan Kesehatannya. Jika nanti terjadi KIPI Petugas sudah siap,"pungkasnya.


Selanjutnya, alasan Gudang Kantor UPT Pengelola dan Pelayanan Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, No. 702, Kembangan, Kec. Kebomas, Kab. Gresik. Digunakan untuk Menyimpan Vaksin covid-19 Sinovac, dijelaskan Kadinkes Kabupaten Gresik drg. Saifudin Ghozali, karena Gedung tersebut sudah biasa dipakai untuk Menyimpan Vaksin-Vaksin yang lainnya seperti Vaksin Polio dan Vaksin BCG.


“Di Gudang Kantor UPT Pengelola dan Pelayanan Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, itu masih bisa menampung Vaksin Covid-19 Sinovac 5000 VIAL lebih. Sambil kita menunggu Refrigerator dari Kemenkes Jakarta dengan Ukuran 3 X 4 Meter yang akan kita tempatkan di Puskesmas Alun-alun sebagai Pusat Vaksinasi Terpadu Kabupaten Gresik,"ujar Kadinkes Kabupaten Gresik drg. Saifudin Ghozali mendampingi Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim, M Si Menerima Vaksin Sinovac, hari Rabu sore (13/01/2021).


Kadinkes Kabupaten Gresik drg. Saifudin Ghozali menerangkan Kriteria orang yang akan di Vaksinasi Vaksin Covid-19 Sinovac tahap awal ini memiliki beberapa persyaratan salah satunya Usia mulai 18 Tahun hingga Usia 59 Tahun.


“Nanti ada Tahap Skrining, bagi 10 orang di tahap awal yang akan Vaksinasi Vaksin Covid-19 Sinovac sudah kita lakukan Skrining, tapi besok hari sebelum Vaksinasi Vaksin Covid-19 Sinovac akan kita lakukan Sekrining Ketat,"ungkap drg. Saifudin Ghozali Kadinkes Kabupaten Gresik.


Sementara, Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto, S.H, S.I.K, M.M menandaskan, Pihaknya siap menerjukan Personel Polres Gresik dan melakuka Pengamanan 24 Jam di Gudang Kantor UPT Pengelola dan Pelayanan Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, demi memberikan Rasa Aman kepada Petugas dan Pekerja di lokasi Penyimpanan Vaksin Covid-19 Sinovac


“Kami dari Polri dan TNI mengamankan secara langsung mulai dari Proses Pengiriman Vaksin Covid-19 Sinovac dari Provinsi Jawa Timur ke Kabupaten Gresik. Di Kabupaten Gresik Pengamanan akan dilakukan 24 Jam melibatkan 10 Personel dari Polri dan TNI. Serta Kapolres Gresik siap Mensukseskan dan Mengamankan Pelaksanaan Vaksinasi Vaksin Covid-19 Sinovac di Kabupaten Gresik,”tandas Kapolres Gresik. AKBP Arief Fitrianto, S.H, S.I.K, M.M. (Sp)

Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar