DPRD Kabupaten Gresik Mendorong Kemudahan Layanan Administrasi Kependudukan Bisa Selesai Di Kecamatan



GRESIK, suryaindonesianews.com

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik Jawa Timur yang Membidangi

Pemerintah dan Hukum terus berupaya (Berinisiatif) mendorong adanya Layanan Administrasi kependudukan (Layanan Adminduk) bisa terselesaikan (One Stop Service) di Kecamatan saja, sehingga Masyarakat yang ingin Mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk), tak perlu datang ke Dispendukcapil yang berada di Wilayah kota. 



Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gresik H. Syaikhu Busiri, S.Kom, S.H mengatakan jika saat ini Pihaknya terus mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar memanfaatkan Teknologi terkini sehingga Kepengurusan

Administrasi Kependudukan (Adminduk), bisa selesai di Kecamatan. 



Politisi PKB ini menyatakan Ia mendapatkan Informasi dan Keluhan di Masyarakat, terutama Masyarakat di Tingkat Desa sangat terbebani,dengan Kepengurusan Administrasi kependudukan (Adminduk), yang terlalu Ribet dan Rumit, sehingga membutuhkan Prosesnya Lama. Bahkan tak jarang Masyarakat Desa harus merogoh Kocek sangat mahal karena memakai jasa Makelar, agar Kepengurusan bisa Cepat selesai. Padahal, dalam mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk) tidak dikenakan Biaya alias Gratis.



"Sekarang yang bisa memproses hanya 3 (Tiga) Kecamatan, Kita harapkan bisa Seluruh Kecamatan di Kabupaten Gresik. Dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) menempatkan Pegawai di masing-masing Desa bisa 2 (Dua) atau 3 (Tiga) orang  Gajinya nanti dari Dispendukcapil,"ungkap H. Syaikhu Busiri, S.Kom, S.H.



”Kami harapkan di tahun 2021 Seluruh Pengurusan KK, KTP maupun Akta Kelahiran bisa dilakukan di Seluruh Kecamatan,”ungkap Syaikhu Busyiri saat Konfrensi Pers, di Ruang Komisi II DPRD Kabupaten Gresik, Jalan K.H. Wachid Hasyim No. 05 Gresik, hari Kamis siang (05/11/2020), pukul 12.30 WIB.


H. Syaikhu Busiri, S.Kom, S.H menambahkan, Komisinya juga banyak menerima Keluhan dan laporan Masyarakat,  jika Petugas Resgister yang ada di Desa perannya Belum Maksimal karena Merangkap sebagai Perangkat Desa dan hanya diberikan Honor yang sangat Minim.


Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gresik ini juga mendorong Dispendukcapil bisa Menugaskan Petugas di Seluruh Desa, agar Proses lebih Cepat Selesai. Serta bisa memotong Rantai Makelar yang Biaya pengurusan terlalu tinggi. Nantinya Legislatif siap Menyetujui Anggaran untuk Gaji maupun Honor petugas tersebut. 


"Kami akan menyiapkan Anggaran dari APBD antara 8 Miliar Rupiah sampai 9 Miliar Rupiah untuk itu, nanti Petugas Dispendukcapil di Desa bisa Iangsung Update misal ada Kematian atau Kelahiran, sehingga langsung bisa diterbitkan di Kecamatan,”kata Legislator PKB.


Bahkan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gresik H. Syaikhu Busiri, S.Kom, S.H berharap Kecamatan bisa menyediakan Mesin Cetak untuk Pengurusan

Administrasi Kependudukan (Adminduk), dengan dibantu Pegawai yang dimaksud diatas untuk Mengentri Data, dikarenakan belum banyaknya Masyatakat Desa yang Melek Informasi dan Teknologi.


Sedangkan Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Gresik lainnya H. Sholihuddin S.H.I, M.H 

menjelaskan Pihak Komisi 1 juga mendorong agar Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), bisa dilakukan di Seluruh Kecamatan bisa segera Dieksekusi. 


H. Sholihuddin S.H.I, M.H Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Gresik, juga meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terkait seperti Dispendikcapil dan Diskominfo bisa bersinergi. ”Nantinya yang Diskominfo bisa menyiapkan IT serta Perangkat Lain agar bisa diterapkan di Kantor Kecamatan,"tuturnya. 


Sementara itu Kepala Dispendikcapil Kabupaten Gresik Khusaini, S.E, M.Si mengungkapkan Layanan Dokumen Kependudukan bagi Masyarakat sudah bisa dilakukan dimana saja melalui Aplikasi POEDAK (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan)


Sedangkan untuk Cetak Dokumen bisa dilakukan di Kecamatan. Sampai hari ini sudah ada 9 (Sembilan) Kecamatan yang bisa Mengakses Pembuatan Administrasi Kependudukan (Adminduk) yakni Kecamatan Driyorejo, Kecamatan Manganti, Kecamatan Benjeng, Kecamatan Kedamean, Kecamatan Cerme, Kecamatan Ujung Pangkah, Kecamatan Dukun, Kecamatan Sidayu, dan Kecamatan Panceng. ”Kecamatan Iainnya masih proses. Pada akhirnya nanti seluruh Proses Administrasi Kependudukan (Adminduk), bisa dilakukan di Seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik,"ujar Kepala Dispendikcapil Kabupaten Gresik.(Sp)

Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar