Desa Sukorejo, Mewakili Sat Lantas Polres Gresik Mengikuti Lomba Kampung Tangguh Semeru Tingkat Jawa Timur

 


GRESIK, suryaindonesianews.com

Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik mewakili Sat Lantas Polres Gresik untuk mengikuti Lomba Kampung Tangguh Semeru (KTS), dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas Bhayangkara yang Ke-65, hari Selasa (15/09/2020).



Hadir dalam Kegiatan tersebut 

Kasubag Binlat Bin Ops Roops Polda Jatim Kompol Irianto, S.H, AKP Edwin Nathanael, S.H, S.I.K Kasubag BPKB Satlantas Polda Jatim, Kasat Lantas Polres Gresik AKP Yanto Mulyanto, S.H, S.I.K, Kasubag Humas Polres Gresik AKP Bambang Angkasa, S.H, Waka Polsek Kebomas AKP Tatik Sugiati, S.H, KBO Lantas Polres Gresik Iptu Khoirul Anam, S.H, M.H, Kanit Regident Polres Gresik Ipda Bagus, S.H, Kaur Mintu Lantas Polres Gresik Ipda Ali Fauzi, S.H, Kanit Turjawali Lantas Polres Gresik Ipda Darwoyo, S.H, Kanit Laka Lantas Polres Gresik Ipda Yossy Eka Prasetya, S.H, Kanit Dikyasa Lantas Polres Gresik Ipda Yonanda Adi S.H, Paur Lantas Polsek Kebomas Ipda Sri Maryani, S.Sos, Kepala Desa Sukorejo Fathurahman dan Jajaran Anggota Satlantas Polres Gresik.



Prestasi warga masyarakat di Kelurahan Sukorejo Kabupaten Gresik, layak di beri Apresiasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Gresik. Hal itu lantaran Kelurahan tersebut berkesempatan menjadi Kampung Tangguh Semeru tingkat Jawa Timur (Jatim) tahun ini.



Terpilihnya Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Kebomas membuatnya melenggang dan menjadi Wakil Kabupaten Gresik dalam Lomba Kampung Tangguh Semeru yang diprakarsai Polda Jatim. 



Tentunya sebelum terpilih menjadi Kampung Tanggung Semeru tingkat Jatim, perjuangan Warga Masyarakat di lingkungan Kelurahan Sukorejo patut diapresiasi. Menyisihkan beberapa Kampung Tanggul lain di Kabupaten Gresik, membuat Kelurahan Sukorejo melenggang di tingkat Jawa Timur. Serta berkesempatan menjadi Kampung Tangguh Semeru Tingkat Jatim.



Desa Sukorejo sendiri merupakan Kampung Tangguh Semeru (KTS) terbaik di Wilayah Hukum Polres Gresik. Selain karena masih Zona Hijau Penyebaran Covid-19, Desa Sukorejo yang berada di Bantaran Sungai Kali Lamong itu juga aktif dalam berbagai Kegiatan. Salah satunya kegiatan Upaya Tertib Lalu Lintas.


Saat memasuki Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas yang ditemui pertama kali adalah Gang yang tidak Terlalu Lebar namun lengkap dengan Marka Jalan. Selain itu Banner-Banner Imbauan Protokol Kesehatan Covid-19 juga terpasang Rapi di sepanjang jalan di Desa Sukorejo


Sebelum memasuki Desa Sukorejo, setiap kedatangan tamu yang hendak masuk atau pun keluar harus memakai Masker serta melewati Bilik Sterilisasi dan Pengecekan Suhu Badan. Hal itu dilakukan sebagai Upaya Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Tidak hanya itu, hampir di setiap sudut Gang Desa Sukorejo terdapat Imbauan Prokes Pemerintah. Serta tandon-tandon kecil sebagai Tempat Mencuci Tangan.


Kesadaraan masyarakat di sini cukup tinggi. Masyarakat sudah terbiasa mencuci tangan sebelum masuk rumah. Jadi hal ini bukan sekedar menggugurkan kewajiban Protokol Kesehatan Covid-19.


Sedangkan di Balai Desa Sukorejo Kampung Tangguh Semeru (KTS) ini menyediakan beberapa Ruangan Khusus, berupa Lumbung Pangan menyimpan persediaan makanan, Dapur Umum untuk area memasak bersama, Ruang Isolasi bagi Warga yang Sakit dan Posko Kesehatan untuk melakukan Pengecekan.


Tidak hanya itu, Tim Satuan Tugas Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Desa Sukorejo juga Sistematis dan Terstruktur dalam bekerja. Satgas dibagi ke dalam beberapa Tim agar memudahkan menjalankan tugas.


Tercatat ada sebanyak 6 (Enam) Tim, yakni Pangan, URC, Lalu Lntas, Data, Humas dan Keamanan. Tim itu nantinya terus Berkoordinasi dengan dikomandoi Kepala.Desa Sukorejo Fathurahman 


Hal yang lebih membanggakan, selain Kesuksesan Warga Desa Sukorejo dalam Menegakkan Protokol Kesehatan dan Menghindari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Desa Sukorejo masuk menjadi Pilot Project Kawasan Kampung Tangguh Semeru (KTS) Tertib Lalu Lintas.


Di Desa Sukorejo Kecamatan Kebomas disediakan Area untuk melakukan Tes Simulasi dan disediakan banyak rambu-rambu. Selain itu meskipun Gangnya tidak berukuran besar, semuanya dicat dengan Marka Jalan. Serta masyarakat pun kerap kali mendapatkan Sosialisasi dari Satlantas Polres Gresik.


Tim Penilai Polda Jatim Kompol Irianto, S.H Kasubag Binlat Bin Ops Roops Polda Jatim menyatakan Apresiasi kepada Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik dalam keadaannya yang tertata Tertib Protokol Kesehatan dan Tertib Lalu Lintas. Pihaknya pun meminta agar seluruh Data dan Dokumen Perlombaan segera dilengkapi agar bisa dilakukan Penilaian.


"Kompol Irianto, S.H sangat terenyuh dengan sambutan Warga dan Kondisi Lingkungan desa Sukorejo, baru sampai saja sudah terasa wah. Tinggal nanti Data dan Dokumennya dilengkapi dan dikirim ke Polda Jatim untuk dilakukan Penilaian meliputi Bidang Ekonomi, Kesehatan, Keamanan, Pos Pengawasan, Sarana fan Prasarana, Gotong royong, hingga peran serta masyarakat,"ujarnya


Sedang Tim Penilai Polda Jatim AKP Edwin Nathanael, S.H, S.I.K Kasubag BPKB Satlantas Polda Jatim mengatakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas, Kita melakukan Penilaian Kampung Tangguh Semeru (KTS) di beberapa Daerah di Jawa Timur dan Sekarang di Kabupaten Gresik yang berlokasi Desa Sukorejo Kecamatan Kebomas


Dalam penilaian ini warga setempat bisa menjaga Protokol Kesehatan dan juga dapat memberikan hal-hal Positif dan bisa berkolaborasi dengan Satlantas Polres Gresik dengan Tertib Berlalu Lintas,"kata AKP Edwin Nathanael, S.H, S.I.K.


Tim Penilai Polda Jatim AKP Edwin Nathanael, S.H, S.I.K menyebut semua Indikator Penilaian sudah dimiliki oleh Desa Sukorejo Kecamatan Kebomas. Namun Tim Penilai Polda Jatim berharap, masyarakat tetap Sadar dalam menaati Protokol Kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Sadar Lalu Lintas meskipun saat tidak ada Pihak Kepolisian.


"AKP Edwin Nathanael, S.H, S.I.K sangat Bangga dan Kagum dengan Kesiapan Kampung Tangguh Semeru Desa Sukorejo ini,"tegasnya, dengan disambut Riuh Tepuk Tangan.


AKP Edwin Nathanael, S.H, S.I.K menambahkan bahwa Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas telah berhasil Memadukan Kesadaran Masyarakat dalam Protokol Kesehatan dan Berlalu Lintas.


Kasat Lantas Polres Gresik AKP Yanto Mulyanto, S.H, S.I.K menegaskan bahwa Kampung Tangguh Semeru (KTS), Desa Sukorejo Kecamatan Kebomas akan menjadi salah satu dari 39 Polres yang ada di Jawa Timur, yang akan dilombakan.


Dalam hal ini Peran Aktif pada masyarakat dengan Berkordinasi dan Sosialisasi mulai dari mulai dari Pemerintahan Desa Sukorejo, Tokoh Masyarakat dan Karang Taruna yang ada di sini,"tutur AKP Yanto Mulyanto, S.H, S.I.K.


untuk Kampung Tangguh Semeru (KTS), ini Mencegah dan Memutus Mata Rantai Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dengan membentuk Satgas Sosialisasi, Keamanan, Ketahanan Pangan dan Satgas Kesehatan.


Sementara Lomba Kampung Tangguh Semeru (KTS) tahun 2020 di Desa Sukorejo mengikuti Penilaian antara lain Tertib Lalu Lintas yang berlokasi di Desa Sukorejo dan Ketahanan Pangan.


“Insya Allah Tim Penilai  dari Polda Jatim bisa memberikan penilaian di Kampung Tangguh Semeru (KTS), Desa Sukorejo ini, mudah-mudahan hasilnya maksimal,"imbuhnya.


Sementara Kepala Desa (Kades) Sukorejo Fathurahman. saat ditemui Awak Media menyampaikan Alhamdulillah, Kami sangat bersyukur dan berterima kasih sekali bahwa Desa Kami dilombakan sebagai Kampung Tangguh Semeru (KTS) tahun 2020 untuk mewakili Satlantas Polres Gresik.


Kampung Tangguh Semeru (KTS) yang ada di Desa Sukorejo tidak serta merta terpilih, untuk mewakili Satlantas Polres Gresik, akan tetapi memang sebelumnya Kades Sukorejo Fathurahman bersama semua Pihak terkait sudah memulai membentuk Kampung Tangguh Semeru (KTS) di Desa yang dipimpinnya itu


“Ini merupakan Hasil Kinerja dari beberapa Pihak dan Sinergitas TNI-POLRI dan didukung oleh masyarakat setempat,”kata Kades Sukorejo Fathurahman kepada suryaindonesianews com


Kades Sukorejo Fathurahman berharap, ke depan Desa Sukorejo bisa dijadikan contoh untuk Desa lain, agar semua Elemen bisa bersinergi dalam membangun Kampung Tangguh Semeru (KTS), di tengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), ini.


Bahkan, Fathurahman menginginkan jangan hanya Desa Sukorejo yang menjadi Desa Tangguh. Akan tetapi, desa-desa lainnya juga bisa menyusul agar Kabupaten Gresik nantinya bisa menjadi Kabupaten Tangguh.


"Alhamdulillah, Kami sangat bersyukur sekali dengan dijadikannya Desa Sukorejo ini sebagai Kampung Tangguh Semeru 2020,"ucapbFathurahman Kades Sukorejo. (Sp)

Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar