PT. Pertamina Lubricants bersama Masyarakat Lakukan Gerakan Sanitasi Bantaran Kali


GRESIK, suryaindonesianews com
PT. Pertamina Lubricants melalui Production Unit Gresik bersama Karang Taruna Kelurahan RW. 07 Kelurahan Sidokumpul dan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) Kabupaten Gresik Melaksanakan Program CSR Sanitasi Bersih Bantaran Kali dengan Mengubah Selokan yang dulu Penuh dengan Sampah dan Berbau menjadi Tempat Aliran Air yang Bersih dan mampu menjadi Tempat Budi Daya Ikan Lele oleh Masyarakat.

Program ini ditandai dengan Pelepasan Ikan Lele yang dilakukan oleh Spv HSSE Production Unit Gresik PT. Pertamina Lubricants Ifan Sri Widodo didampingi oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Gresik Ir. H. Achmad Washil Miftahul Rachman, M.T, PKP Bidang Rumah Swadaya Hari Prasetijo S.Sos, M.M, Perwakilan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik Drs. Umaya sebagai Kasi Pengelolaan Persampahan, Lurah Sidokumpul Sulaiman Rasyid, dan Ketua Karang Taruna Kelurahan Sidokumpul Imam Wahyu, hari Kamis malam (27/08/2020).

"Lingkungan yang Bersih mencerminkan Kehidupan Bermasyarakat yang sehat. Kami Berkomitmen untuk Berkontribusi, bersama Masyarakat secara gotong-royong Membersihkan Kali dan Selokan di Wilayah Kami beroperasi, berperan membantu Kebersihan Kali (Selokan) di Wilayah Ring Perusahaan,"ungkap Ifan Sri Widodo.

Spv HSSE Production Unit Gresik PT. Pertamina Lubricants Ifan Sri Widodo berharap agar kegiatan ini mampu Membangun Kesadaran dan Memberikan Edukasi bagi Masyarakat untuk Enggan membuang Sampah Sembarangan ke dalam Selokan. "Selain itu untuk Menjaga Kebersihan, tentunya Selokan yang berisi Ikan Lele tersebut dimanfaatkan untuk di Budi Daya oleh Masyarakat sehingga memiliki Nilai Ekonomis bagi mereka,"lanjutnya

Lurah Sidokumpul Sulaiman Rasyid mengapresiasi Program Sanitasi Selokan dan Budi Daya Ikan Lele. "Rekan-rekan Karang Taruna RW. 07 Kelurahan Sidokumpul Jagal Bangkit semakin Membuat Inovasi-Inovasi lebih banyak lagi, apalagi tempo lalu melalui Program Ngopi Bayar Sampah sudah masuk 200 Besar Lomba Sinovik dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, tentu Prestasi yang sangat membanggakan."ujarnya.

Sulaiman Rasyid Lurah Sidokumpul menambahkan Semoga Program ini dapat Memacu Hasilnya untuk menjadi sebuah Lokasi Wisata bagi masyarakat setempat.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Gresik Ir. H. Achmad Washil Miftahul Rachman, M.T menjelaskan bahwasannya PT. Pertamina Lubricants telah menjalankan Good Corporate Citizenship yakni Melakukan Perencanaan yang baik, Berkoordinasi dengan Pemerintah setempat, diimplementasikan, di Pantau dan di Awasi Pelaksanaannya, dan merupakan Penerapan CSR yang dapat Diapresiasi.

"Tidak semua Perusahaan di Kabupaten Gresik menerapkan CSR seperti ini. PT. Pertamina Lubricants bisa menjadi Pemacu atau Rolemodel Perusahaan lainnya untuk dapat menerapkan Good Corporate Citizenshhip dalam Pelaksanaan CSR di Kabupaten Gresik,"ujar Ir. H. Achmad Washil Miftahul Rachman, M.T

Perwakilan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik Drs. Umaya sebagai Kasi Pengelolaan Persampahan menjelaskan Inovasi ini baru pertama kali dilakukan di Wilayah Perkotaan Gresik. "Saya mengucapkan rasa terima kasih terhadap masyarakat RW. 07 Kelurahan Sidokumpul dan PT. Pertamina Lubricants melalui Program CSR ini telah melakukan banyak perubahan. 1 (Satu) Tahun ini lebih baik dari pada sebelum-sebelumnya, masyarakat telah melakukan Penghijauan di lahan sempit ini melalui Urban Farming, Pengelolaan Sampah menjadi Kerajinan dan saat ini Budi Daya Ikan Lele dalam Selokan,"pungkas Drs. Umaya sebagai Kasi Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar