Bupati Sambari Melaksanakan Groudbreaking Menandai Dimulainya Pembangunan Tanggul Desa Jono Cerme


GRESIK, suryaindonesiabews.com
Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si melaksanakan Groud Breaking menandai dimulainya Pembangunan Tanggul Pengendalian Banjir Kali Lamong di Desa Jono, yang bertempat di Area Tanggul Desa Jono, Kec. Cerme, Kab. Gresik, pada hari Selasa pagi (25/08/2020), pukul 10.00 WIB,

Pelaksanaan Ground Breaking di Desa Jono tersebut selain dihadiri Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si, serta Jajaran Pejabat Pemkab Gresik juga dihadiri oleh Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, S.H, S.I.K, M.M, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos, M.I Pol, Ketua DPRD Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E,  Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Gresik Ir. Gunawan Setijadi, M.M, Kabag. Humas dan Protokol Pemkab Gresik A. M. Reza Pahlevi, A.P, Kepala Bakorwil II Bojonegoro, Dr. Ir. Hj.Dyah Wahyu Ermawati, M.A, Kepala Bidang Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Ir. Isgiyanto, M.T, Kepala Dinas PU dan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur, Ir. M. Abduh M. Mattalitti, CES, serta sejumlah Muspika setempat.

Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si menyampaikan terima kasih kepada Pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, yang telah memberikan perhatian kepada Masyarakat Jono Cerme Gresik dengan Membangun Tanggul.

“Semoga Bantuan Pembangunan Tanggul ini dapat memberikan Manfaat Mengurangi Bencana Banjir di Desa Jono, Kec. Cerme, Kab. Gresik ini. Kami kira ini hanya sebagai Bantuan Pemanasan Awal yang nantinya akan di ikuti dengan Bantuan Pembangunan yang lebih Besar,"harap Bupati Sambari.

Keberadaan Desa Jono, Kec. Cerme, Kab. Gresik ini memang desa yang Rawan Banjir akibat Luapan Kali Lamong. Menurut Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si, tahun 2019 lalu Desa Jono ini termasuk Salah Satu Desa yang mengalami Kebanjiran akibat Jebolnya Tanggul Kali Lamong.

Terkait Program Normalisasi Kali Lamong untuk Pencegahan Banjir, Bupati Sambari menyatakan bahwa sampai saat ini Pemkab Gresik telah menyelesaikan Study Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP) tahap I. Dia berharap sampai akhir 2020 ini, Study LARAP telah selesai.

Total Panjang Kali Lamong 103 (Seratus Tiga) Km, yang melintasi Wilayah Gresik 58 (Lima Puluh Delapan) Km. Kali Lamong melintasi Beberapa Wilayah Kecamatan di Gresik yaitu mulai dari Kecamatan Balongpanggang, Kecanatan Menganti, Kecamatan Kedamean, Kecamatab Benjeng, Kecamatan Cerme, dan Kecamatan Kebomas.

Menurut Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si, Pihaknya telah mempersiapkan Anggaran untuk Pembebasan Tanah sebesar Rp. 150 Miliar. Dia berharap agar hasil Study Larap ini sesuai perkiraan yang sudah dibuat yaitu untuk Pembebasan Tanah sekitar 149 Hektar. 

“Saya berharap Bupati pengganti saya nanti dapat melaksanakan Proyek Normalisasi Kali Lamong tersebut. Kami sudah melaksanakan Pembebasan Tanahnya, Pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, segera melaksanakan Pekerjaan Fisiknya. Segala Tehnis pengerjaannya saya serahkan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo,"tandas Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Ir. Isgiyanto, M.T menyatakan banyak terima kasih kepada Pemkab Gresik terutama Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si.

“Selama ini kami banyak dibantu. Beberapa bantuan yang telah dilaksanakan di Gresik yaitu Pembangunan Lumbung Air di Desa Sukodono, Kec. Panceng, Kab. Gresik,"kata Ir. Isgiyanto, M.T.

Ir. Isgiyanto, M.T Kepala Bidang Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo juga menyebut Beberapa Pembangunan lain yaitu, Pembangunan Bendung Gerak Sembayat (BGS), dan Study Revitalisasi Waduk Bunder. Kami berharap, Warga Masyarakat mau bekerjasama membantu kami dengan merelakan tanahnya untuk diganti rugi yang sewajarnya. Semuanya untuk kepentingan bersama. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar