KAPOLDA JATIM TINJAU KAMPUNG TANGGUH SEMERU BERSAMA FORKOPIMDA DI DESA BOLOREJO KEC. KAUMAN KAB. TULUNGAGUNG


TULUNGAGUNG, suryaindonesianews.com
Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si turut Meninjau Kampung Tangguh Semeru bersama Forkopimda Provinsi Jatim, Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si dan Panglima Kodam V / Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S Sos, M.M, disambut langsung oleh Forkopimda Kabupaten Tulungagung yaitu Bupati Tulungagung Drs. H. Maryoto Birowo, M.M, Kapolres Tulungagung
AKBP Eva Guna Pandia, S.I.K, M.M, dan Dandim 0807/Tulungagung

Letkol Inf Wildan Bahtiar, S.I.P hari Minggu siang (07/06/2020), pukul 13.20 WIB


Kampung Tangguh Semeru ini satu-satunya yang memiliki Pos Digital. Saat memasuki Area Desa Bolorejo, diterapkan One Gate System.


Kampung Tangguh Semeru ini menjamin Ketersediaan Pangan dan juga Kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) Kesehatan dengan menerapkan Protokol Kesehatan yaitu Menggunakan Masker, Cuci Tangan, Physical Distancing dan Bilik Disinfektan.


Gagasan ini berawal dari adanya Rapat Koordinasi dengan Forkopimda Kabupaten Tulungagung tidak lupa turut serta menyiapkan Tempat Ruang Isolasi bertempat di Rusun Nawa.


Forkopimda Kabupaten Tulungagung juga melakukan Sosialisasi Informasi dan Edukasi melalui Media tentang Pola hidup Sehat dan hidup Bersih mendasari Imbauan Pemerintah yaitu tentang Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia, S.I.K, M.M dalam hal ini memberikan gambaran tentang Kondisi Awal dan Perkembangan Penanganan Covid-19 serta upaya-upaya Forkopimda bersinergi melalui Kampung Tangguh Semeru dalam Gugus Tugas Pencegahan dan Percepatan Penanganan Covid-19,"ujarnya.

Bahkan Kondisi Desa Bolorejo awalnya adanya Data Masyarakat yang terkonfirmasi yaitu 112 ( Seratus Dua Belas) ODP, 3 (Tiga) PDP, 2 (Dua) Positif antara lain Putri Kepala Desa dan Kepala Puskesmas untuk saat ini sudah Nihil atau Zero.

Aplikasi Kampung Tangguh Semeru yang Terkoneksi dengan Command Center guna memberikan Respons setiap laporan masyarakat terkait dengan Covid-19 yang berbasis pelayanan masyarakat berupa Konsultasi Kesehatan, Pelayanan Kephysikisan serta Tombol Panic Button apabila ada Situasi Keamanan yang membutuhkan Respon Bantuan Kepolisian.

Selanjutnya juga ada tentang Konsep Kampung Tangguh Semeru terus akan dikembangkan oleh Forkopimda Kabupaten Tulungagung ke Sektor Industri Tangguh, Pasar Tangguh, Tempat Pendidikan Tangguh dan Fasilitas lainnya berbasis pada Problem Oriented Policing.

Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si dalam sambutannya mewakili Forkopimda Provinsi Jatim menyatakan sangat luar biasa Respons Swadaya Kampung Tangguh Semeru, yang mana Konsepnya tidak Mematikan Kreatifitas masing-masing Wilayah, yang penting Substansinya adalah mengatasi Persoalan Covid-19 maupun masalah Sosial lainnya.

Sehingga kita tetap hidup Sehat dan Produktif, tetap juga Disosialisasikan serta yang terpenting mengedukasi masyarakat terkait Protokol Kesehatan menghadapi The New Normal,”ucap Kapolda Jatim.

Dalam konsep Kampung Tangguh Semeru berbasis pada Problem Oriented Policing, ada 3 (Tiga) Sektor yang akan dikembangkan pada Sektor Pemukiman/Perumahan, Sektor Tempat Aktifitas dan Sektor Area Publik, pada kawasan Area Publik,  seperti Transportasi dan Terminal kedepannya para Pekerja di sektor Transportasi seperti Supir Angkutan Umum dan Ojek bisa diberdayakan sebagai Duta atau Agen Pendisiplinan Protokol Kesehatan pada masa New Normal kedepannya.

Forkopimda Jatim dan rombongan juga meninjau Kelengkapan Kampung Tangguh Semeru di Kabupaten Tulungagung, diantaranya, Peresmian Pos Digital Astuti, Omah 3 (Tiga) Pilar Astuti Desa Bolorejo, Rumah Singgah Kampung Tangguh, Bank Sampah Kampung Tangguh, Lumbung Pangan Kampung Tangguh, Pos Pemulasara Jenazah dan Gali Kubur, Pos Siaga Bencana, Posko Pintu masuk Kampung Tangguh Desa Bolorejo Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung. (Smk)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar