Kapolres Gresik Juga Melaunching Kawasan Kampung Tangguh Di RW. 05 Desa Cerme Kidul Kecamatan Cerme


GRESIK, suryaindonesianews.com
Dalam rangka Cegah Penularan Pandemi Covid-19, di RW. 05 Desa Cerme Kidul Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik Jawa Timur membentuk Kawasan Kampung Tangguh. Kegiatan Kawasan Kampung Tangguh ini supaya Memberdayakan Masyarakat dalam menghadapi dan memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 Khususnya dilingkungan RW. 05 Cerme Kidul.


Kawasan Kampung Tangguh tersebut ditempatkan di RW. 05 Desa Cerme Kidul Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik dan di Launching oleh Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, S.H, S.I.K, M.H didamping Waka Polres Gresik Kompol Dhyno Indra Sstyadi, S.I.K, M.Si, Kasubbag Humas Polres AKP Bambang Angkasa, S.H, Kapolsek Cerme AKP Moh. Nur Amin, S.H, serta dihadiri Camat Cerme Suyono, S.H, S.Sos, M.M, Danramil 0817/08 Cerme kapten Inf Mujiyanto dan Kepala Desa Cerme Kidul Wahyudi Permana


Sesuai Instruksi Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Muhammad Fadil Imran, M.Si bahwa Virus Covid-19 dapat ditangkal di Tingkat Desa. Salah satunya menjadi Role Model Kawasan KampungTangguh RW. 05 Desa Cerme Kidul Kecamatan Cerme. Adanya Kawasan Kampung Tangguh ini bertujuan saling

mengingatkan Sesama Warga.

Terbentuknya Kawasan Kampung Tangguh Cerme Kidul Wilayah RW. 05 Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik berawal dari Kebutuhan Masyarakat adanya Bencana Non Alam Pandemi Covid-19. Kawasan Kampung Tangguh Cerme Kidul Wilayah RW. 05 ini juga merupakan Kemandirian Masyarakat Kelurahan Cerme Kidul untuk Saling Membantu, Saling Mengingatkan supaya tidak terkena Dampak Covid-19, baik Sakit Covid ataupun Dampak lainnya, seperti Ekonomi dan sebagianya.


“Sehingga dengan terbentuknya Kawasan Kampung Tangguh Cerme Kidul Wilayah RW. 05 ini AKBP Kusworo Wibowo, S.H, S.I.K, M.H harapkan terbentuk masyarakat yang mandiri, bisa saling tolong menolong dan membantu warganya,”ujar Kapolres Gresik, pada hari Sabtu sore (23/05/2020), pukul 15.30 WIB usai Melaunching Kawasan Kampung Tangguh Cerme Kidul Wilayah RW. 05.


Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, S.H, S.I.K, M.H berharap, dengan terbentuknya Kawasan Kampung Tangguh di Wilayah RW. 05, Kelurahan Cerme Kidul kecamatan Cerme ini bisa Memotivasi terbentuknya Kawasan Kampung Tangguh di seluruh Wilayah Kabupaten Gresik

“Sebenarnya ini terbentuk kebetulan kita memiliki Visi dan Misi yang sama. Dari Kepolisian hanya sebagai Pemantiknya saja. Ternyata Camat Cerme Suyono, S.H, S.Sos, M.M, dan Jajaran Forkopimcam Cerme langsung menyambut dengan baik dan berjalan sesuai dengan rencana,”sambungnya.

Kita bersama berjuang wujudkan Kawasan Kampung Tangguh ini dari hal yang terkecil. Dengan adanya Kampung Tangguh – Kampung Tangguh, akan membentuk Kecamatan Tangguh – Kecamatan Tanggul, akan membentuk Kota Tangguh ataupun Kabupaten Tangguh.

“Harapan Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, S.H, S.I.K, M.H, Kawasan Kampung Tangguh di RW. 05 Cerme Kidul, tidak hanya sebatas sebagai Media Penyalur Bantuan saja, tetapi Saya mengharap Kepanitiaan Organisasi di Kawasan Kampung Tangguh RW. 05 Cerme Kidul, yang dipimpin oleh Camat Cerme Suyono, S.H, S.Sos, M.M, bisa memberikan Edukasi kepada masyarakat,”tutur Alumnus Akpol 2000 ini.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, S.H, S.I.K, M.H mengatakan, bahwa Virus Corona ini belum tentu bisa Musnah, mungkin nanti ke depan kita hidup bersama Berdampingan dengan Virus Corona. Seperti kita berdampingan dengan Virus yang lain, seperti Virus Flu, Campak, Kolera dan lain sebagainya. Mungkin ke depan kalau ada Orang Sakit karena Corona, obatnya itu ada di warung-warung.

“AKBP Kusworo Wibowo, S.H, S.I.K, M.H, minta seluruh Relawan yang ada di Kawasan Tangguh Kampung Wilayah RW. 05, Kelurahan Cerme Kidul ini bekerja sama, Saling Mengingatkan dan Saling Memberikan Edukasi ke Masyarakat,”pinta Kapolres Gresik.

"Kami juga menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Gesik terkait Pemakaman. Disini Relawan diberikan Bekal bagaimana menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat memakamkan sampai selesai,"pungkasnya

“Kunci menghadapi Virus COVID-19, ada 2 cara, kita wajib disiplin Pakai Masker dan jangan menyentuh Area Wajah bila kita tak yakin tangan kita bersih,”tandas Kapolres Gresik AKBP Kusworo, Wibowo, S.H, S.I.K, M.H.

Sementara Camat Cerme Suyono, S.H, S.Sos, M.M, mengatakan, Kawasan Tangguh Kampung Wilayah RW. 05, Kelurahan Cerme Kidul ini dalam rangka menghadapi Pandemi Covid-19 ini adalah ide Bapak Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, S.H, S.I.K, M.H.

“Dan Kawasan Tangguh Kampung Wilayah RW. 05, Kelurahan Cerme Kidul Kecamatan Cerme, Semoga bisa menjadi pemicu munculnya Kawasan Kampung-Kampung Tangguh yang lain di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik,”ungkap Camat Cerme

Didalam Kawasan Kampung Tangguh ini, lanjut Suyono, S.H, S.Sos, M.M, juga ada Lumbung Pangan (Lumbung Bantuan). Dimana Lumbung ini bisa dimanfaatkan ketika ada masyarakat yang Memberikan Bantuan. "Kemudian bantuan itu kita salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,”jelas Camat Cerme.

Disamping itu, sambungnya, dikawasan Kampung Tangguh juga didirikan Posko Siaga Covid-19, yaitu semacam Posko Pengaduan atau Posko Laporan. "Sehingga Warga Masyarakat RW. 05 Cerme Kidul Kecamatan Cerme ini bisa melaporkan ketika ada Permasalahan di Wilayahnya,”pungkas Suyono, S.H, S.Sos, M.M (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar