KABAHARKAM POLRI KUNJUNGAN KERJA KE POLDA JATIM MENINJAU KAMPUNG TANGGUH DI DESA SITIREJO KEC. WAGIR KAB. MALANG


MALANG. suryaindonesianews.com
Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H, M.H Dalam Kunjungan Kerja Ke Polda Jatim, meninjau Kampung Tangguh di Dusun Temu, Desa Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Pada hari Jum'at sore (29/05/2020), pukul 15.45 WIB.


Turut hadir dalam Giat Kabaharkam Polri yaitu Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen. Pol Riyapudin Nursin, S.I.K, Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol Dr. Muhammad Fadil Imran, M.Si, Dan Pelopor Korps Brimob Polri Brigjen. Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum, Kapusdokkes Polri Brigjen. Pol. Dr. Rusdianto dan Unsur Forkopimda Malang Raya.


Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi, M.M dalam sambutannya menyatakan bahwa Kampung Tangguh dibentuk guna menumbuhkan Kesadaran Masyarakat tentang Protokol Kesehatan dalam  Mencegah dan Mengantisipasi Penyebaran Covid-19.


Dengan adanya Kampung Tangguh, lebih diaktifkannya Kembali Poskamling berfungsi Cegah (Screening) masuk pendatang yang dimungkinkan bawa Virus Covid-19, juga sebagai Antisipasi Tindak Kriminalitas.

Kami sudah Canangkan Kampung Tangguh di seluruh Desa/Kelurahan se Kabupaten Malang dan saat ini sedang dilaksanakan Pembinaan terhadap Muspika terkait Pengembangan Kampung Tangguh,"ujar Bupati Malang.

Kampung Tangguh merupakan Role Mode guna Bangun Kesadaran Masyarakat dalam Menangani Covid-19 serta dapat tumbuhkan Rasa Gotong Royong/Saling Bantu antar sesama.

Dalam Paparan tentang  Kampung Tangguh oleh Sdr. Andrianto Relawan Kampung Tanggung Desa Sitirejo Kecamatan Wagir menyatakan bahwa Kampung Tangguh awalnya berasal dari Sekumpulan Relawan Desa Sitirejo yang berinisasi Membentuk Ketahanan di Desa Sitirejo Kecamatan Wagir.

Dengan adanya Kampung diharapkan terbentuknya 7 (Tujuh) Ketangguhan di Desa Sitirejo Kecamatan Wagir yaitu Tangguh Kesehatan, Tangguh SDM, Tangguh Logistik Pangan, Tangguh Informasi, Tangguh Keamanan,Tangguh Psikologi dan Tangguh Budaya.

Relawan Kampung Tangguh berperan dalam Upaya Pencegahan Covid-19, tindakan yang telah dilaksanakan selama Pandemi yaitu Penyemprotan Disinfektan, Lumbung Pangan, Check Poin di Pintu Masuk Desa, Pelatihan-Pelatihan terkait Penanganan Covid-19 dan Penerapan Protokol Kesehatan diantaranya Pengukuran Suhu Badan, Cuci Tangan, Harus Pakai Masker, adanya Ruang Isolasi dan Lumbung Pangan.

Selain itu juga dilakukan Pelatihan Pemulasaran Jenazah bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang dilatihkan dari masing- masing Dusun di Desa Sitirejo Kecamatan Wagir.

Motto Kampung Tangguh Desa Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang yaitu "Menanam Karya Melawan Manja".

Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H, M.H dalam sambutannya menyatakan Kehadirannya di Jatim atas Perintah Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si mengingat Jawa Timur merupakan Posisi Strategis Penopang Ekonomi Wilayah Indonesia Timur namun karena merupakan Zona Merah Covid-19, maka diperintahkan untuk turun membantu secara penuh terkait Percepatan Penanganan Covid-19.

Kami datang untuk laksanakan Supervisi di Jawa Timur, guna mengetahui kebutuhan dalam Penanganan Covid-19, sehingga Curva Pandemi pada Zona Merah bisa menjadi turun,"ungkapnya

Sesuai laporan Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi, M.M bahwa pasien-pasien yang Terdampak Covid-19 bisa sembuh dan itu sebuah Nilai Positif. Virus Corona ini tidak bisa hilang meskipun nantinya ditemukan Vaksin, maka yang harus kita laksanakan yaitu Menyesuaikan Pola Hidup yang baru untuk Antisipasi Penyebaran Virus Corona ini,"imbuh Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H, M.H

Program Kampung Tangguh dengan 7 (Tujuh) Ketangguhan di Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir diharapkan tidak hanya dalam menangani Covid-19, namun agar dipertahankan sehingga menjadi Modal Strategis dan Bermanfaat bagi Kertahanan Masyarakat.

Terima kasih kepada Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi, M.M dan Saya berharap agar Binaan Kampung Tangguh jangan berhenti hanya dalam Penanganan Covid-19, namun bisa diagendakan untuk Ketahanan lainnya,"harap Kabaharkam Polri

Jika keberadaan Kampung Tangguh ini Efektif dalam Penangkal Virus Corona maka akan dijadikan Role Mode dan akan atau bisa dikembangkan di seluruh Indonesia.

Dalam Giat tersebut juga dilakukan Pemberian Sumbangan secara Simbolis oleh Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H, M.H kepada Perwakilan Relawan Kampung Tangguh.

Dalam Giat Kunjungan Kerja di Kampung Tangguh dimaksud, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H, M.H juga meninjau Sarana dan Prasarana yang telah dimiliki berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan Stok Pangan (Lumbung Pangan), serta Rumah Karantina dan yang berkaitan dengan Giat Kampung Tangguh. (Smk)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar