Tingkatkan Sanitasi Bersih PT Pertamina Lubricants Bangun Jamban Sehat di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik


GRESIK, suryaindonesianews.com
Pemerintah Desa Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik memprioritaskan Bidang Kesehatan dan Sanitasi melalui Program Jambanisasi untuk Warga. Pembangunan Jamban sehat diperuntukan untuk 6 (Enam) Rumah Tangga yang belum memiliki Jamban Sehat telah dilaksanakan dengan Realisasi telah rampung dikerjakan oleh Pemerintah Desa yang bersumber dari  Corporate Social Responsibility (CRS), tahap pertama 2019.


“Ada 6 (Enam) Unit Jamban Sehat (WC) yang sekarang telah selesai kita bangun dan diperuntukan bagi warga desa termasuk rumah warga yang belum memiliki Jamban Sehat,”ungkap Lurah Sidokumpul Drs. Umaya. Pada hari Senin (11/11/2019), PT. Pertamina Lubricants, anak Perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola Usaha Pelumas Otomotif dan Industri Domestik dan Internasional, melalui Production Unit Gresik (PUG) melakukan Peresmian Jamban Sehat di Balai RT.01 RW.07 Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik Wilayah Ring 1 Perusahaan.


Pembuatan Jamban Sehat ini, kata Drs. Umaya, sejalan dengan Program Pemerintah untuk membenahi Permasalahan di Bidang Kesehatan dan Sanitasi sehingga tercipta Lingkungan Bersih dan Sehat.

Dalam acara Peresmian Jamban Sehat di Kelurahan Sidokumpul RT. 01 RW. 07 dihadiri Production Unit Manager Production Unit Gresik PT. Pertamina
Lubricants Dody Arief Aditya, Camat Gresik Drs. Purnomo, Lurah Sidokumpul Drs. Umaya, Ketua PKK Kelurahan Sidokumpul, Tatik Erawati Umaya, Kepala Puskesmas Industri Kabupaten Gresik, drg. Anisah Machmudah diwakil dr. Puji, UPL PAL Kabupaten Gresik Mohammad Arif Setiawan, S.T, USAID IUWASH PLUS Hasan. Z, Tokoh Masyarakat, Ketua RW. 07 Kartono, Ketua RT. 01 Moch. Arifin dan Ketua Karang Taruna Sidokumpul Imam Wahyu, serta Masyarakat Sidokumpul


Pembuatan Jamban Sehat menggunakan Dana dari Corporate Social Responsibility (CRS), PT. Pertamina Lubricants dikerjakan dengan cara melibatkan Masyarakat RT.01 RW.07 Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik,"kata Drs. Umaya.Lurah Sidokumpul. “Selama ini, masih ada warga yang Buang Air Besar Sembarangan (BABS) terutama di sepanjang Pinggiran Kali/Sungai. Tentunya kebiasaan seperti itu diharapkan tidak terjadi lagi karena Fasilitas Jamban Sehat sudah kita bangun,”ujarnya.

“Target kita ke depan, lanjut Irham setiap warga akan memiliki Jamban Sehat dalam mewujudkan Desa Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar sembarangan,”jelas Lurah Sidokumpul Drs. Umaya.

Camat Gresik Drs. Purnomo, menyampaikan dengan adanya Pembangunan Jamban Sehat ini diharapkan dapat membantu warga masyarakat, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Ini juga sebagai wujud kepedulian Pertamina Lubricants, anak Perusahaan PT Pertamina (Persero), melalui Production Unit Gresik (PUG) kepada masyarakat tentang Kebersihan dan Kesehatan.

"Diharapkan masyarakat semakin memahami perilaku hidup bersih dan sehat. Penyebaran berbagai penyakit akibat Lingkungan Kotor akan semakin berkurang sehingga akan semakin Meningkatkan Produktifitas dan Kualitas Sumber Daya Manusia,"jelasnya

Mohammad Arif Setiawan, S.T UPL PAL mengatakan bahwa
Kotoran manusia yang tidak difokuskan pembuangannya dapat mencemari lingkungan dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Lingkungan menjadi kotor, sehingga dapat menjadi sumber penyakit. Oleh karena itu perlu membuat Jamban untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika kotoran manusia tidak di buang pada tempatnya (Jamban) maka pastinya akan berhamburan dan dapat mengotori atau mencemari tanah di lingkungan sekitar. Terlebih bagi orang yang menggunakan air sumur sebagai sumber airnya, atau jika sunga.digunakan sebagai tempat pembuangan maka akan semakin meningkatkan resiko penularan penyakit,"ungkap Mohammad Arif Setiawan, S.T.

Lalat, keceoa atau serangga Iainnya merpakan hewan yang suka dengan daerah yang kotor. Jika kita tidak memelihara kebersihan lingkungan, maka tentunya akan mengundang hewan-hewan tersebut untuk datang dan berkembang biak.

dr. Puji menjelaskan dengan dibangunnya Jamban Sehat oleh PT. Pertamina Lubricants ini ditujukan bagi kampung Kelurahaan Sidokumpul RT. 01 RW. 07 untuk membudayakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat. Karena Jamban merupakan Sanitasi dasar penting yang harus dimiliki setiap masyarakat. Meskipun demikian, namun ada sebagian masyarakat masih mengabaikan ketersediaan sarana Jamban Keluarga Sehat.

“Sadar atau Tidak Sadar,  Tinja perlu mendapat perhatian khusus karena merupakan Bahan Buangan yang banyak mendatangkan masalah dalam bidang kesehatan dan dapat menjadi media penularan Bibit Penyakit, seperti Diare, Tipus, Muntaber, Disentri, Cacingan dan Gatal-Gatal. Selain itu dapat menimbulkan Pencemaran Lingkungan pada Sumber Air dan Bau Busuk serta Estetika,”papar dr. Puji.

Masih menurut dr. Puji, pembuatan Jamban Sehat harus pengacu Kriteria Jamban Sehat seperti tidak mencemari air, tidak mencemari tanah permukaan, bebas dari serangga, tidak menimbulkan bau dan nyaman digunakan, aman digunakan oleh pemakainya, mudah dibersihkan dan tak menimbulkan gangguan bagi pemakainya dan tidak menimbulkan pandangan yang kurang sopan.

Dody Arief Aditya, Production Unit Manager Production Unit Gresik mengungkapkan dibangunannya Jamban Sehat oleh PT. Pertamina
Lubricants sebagai bentuk dalam menciptkan Sanitasi yang layak, sehingga dapat memberikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat. Adapun bantuan Jamban Sehat yang diberikan sebanyak 6 (Enam) Unit yang djperioritaskan bagi Masyarakat yang belum memiliki Sanitasi

“Dengan adanya kegiatan dari Corporate Social Responsibility (CRS), oleh PT Pertamina Lubricants ini semoga dapat membantu penerima manfaat dalam melakukan Buang Air Besar (BAB) yang Higenis guna meningkatkan Derajat Kesehatan mereka yang tinggal di Sepanjang Pinggiran Kali/Sungai,"ungkap Dody Arief Aditya. Melalui Jamban Sehat ini juga, diharapkan dapat Meningkatkan Kebersihan di Lingkungan Masyarakat agar menjadi Sehat, tidak menimbulkan Bau, mencemari Kali/Sungai dan terhindar dari berbagai penyakit.

Kegiatan Peresmian ini ditandai dengan penyerahan tanda Simbolis kepada penerima manfaat yang diwakili oleh Ketua RT. 01 RW. 07 Kelurahan Sidokumpu, Moch Arifin. Acara kemudian dilanjutkan dengan Pemberian Kenang-Kenangan kepada Stakeholder terlibat, baik Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Puskesmas Industri, UPT PAL Kabupaten Gresik, dan USAID IUWASH PLUS berupa Kerajinan Lampu Hias dari Karang Taruna RW. 07 Binaan CSR Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar