Polda jatim Gelar Gebyar Expo Pengembalian Barang Bukti Hasil Kejahatan Tahun 2019


SURABAYA, suryaindonesianews com
Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si memimpin Pembukaan Gebyar Expo Polda Jatim Tahun 2019 Pengembalian Barang Bukti Hasil Kejahatan Kendaraan Bermotor (Mobil dan Sepeda Motor) yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Mapolda Jatim, Jalan Jend. Ahmad Yani No.116 Surabaya, hari Selasa pagi (24/09/2019), pukul 08.00 WIB

Turut hadir mendampingi Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si saat Pembukaan Kegiatan Gebyar Expo Polda Jatim Tahun 2019 antara lain Waka Polda Jatim Brigjen Drs. Toni Harmanto, MH, Irwasda Pokda Jatim Kombes Pol Drs. Sutardjo Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, SIK, SH, M Hum, Kabid Humas Polda Kombes Pol Frans Barung Mangera, SIK, Kapolrestabes Surabaya Kombes. Pol. H. Sandi Nugroho, SIK, SH M.Hum dan Kasubdit Jatanras AKBP Leonard M Sinambela, SH, SIK, MH

“Adapun tujuan digelarnya acara ini adalah Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Masyarakat terkait Penegakan Hukum terhadap Kasus Pencurian Kendaraan bermotor. Bagi masyarakat yang hendak mencari atau mengambil kendaraannya diharuskan membawa STNK, BPKB atau Surat Keterangan dari Pihak Bank jika kendaraan masih berstatus Kredit serta Bukti Laporan Kehilangan dari kantor Kapolisian setempat,"ujar Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si.

Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini Pertama Kali digelar di Indonesia. Sebenarnya acara ini akan digelar selama Tiga Hari, namun karena Banyaknya Permintaan maka digelar selama Sepekan, mulai tanggal 24 September sampai dengan 30 September 2019, pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Kegiatan ini bukan hanya diselenggarakan di Polda Jatim, tetapi acara serupa juga digelar di Delapan Polres Jajaran Polda Jatim. Antara lain, Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Polres Kota Mojokerto, Polres Mojokerto, Polres Gresik, Polres Kota Pasuruan dan Polres Pasuruan.

Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si menjelaskan bahwa pada acara ini Pihaknya telah menyiapkan Ribuan Kendaraan di Polda Jatim dan Polres Jajaran. Sedangkan yang dipajang di Lapangan Upacara Mapolda Jatim. Total Barang Bukti  Pencurian Kendaraan Bermotor ada 828 Unit Kendaraan dengan perincian 160 Barang Kendaraan Roda 4, dan 668 Sisanya Kendaraan Roda 2 berbagai Merk.

Menurut Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si beberapa hari ini Diekspos kepada Media dan Responsnya sungguh Luar Biasa. Saat baru direncanakan saja, sudah banyak yang telepon dan ada yang mengirimkan lewat aplikasi pesan singkat kepada panitia dan dari data yang sudah disebarkan. Selain itu, ada yang merasa pemiliknya, bahkan ada beberapa yang ditempel tapi itu belum pastikan karena harus melihat dokumen. 

"Pada hari ini Polda Jatim akan memberikan suatu pelayanan kepada publik terkait dengan maraknya curanmor hasil kejahatan di tahun 2018 saja ada 1347 Kasus dan tahun  2019 itu ada 1929 Kasus, jadi terjadi peningkatan pengungkapannya sebesar 26 Persen,"ucap Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si

“Diharapkan bagi pengunjung bisa mencari tahu kendaraan yang hilang selama acara digelar. Apabila telah menemukan, sang pemilik dapat mengambilnya cukup dengan menunjukkan beberapa Surat Bukti Kepemilikan terlebih dahulu kepada petugas. Nanti mekanismenya adalah masyarakat silakan menunjukkan identitas kepemilikan yang sah, kemudian disampaikan kepada petugas kami nanti akan menerima secara langsung kemudian kita akan cek mana yang cocok,”tambah Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si.

Kapolda Jatim Irjen. Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si menambahkan acara ini Rencananya akan digelar lagi di kemudian hari jika Barang Bukti yang ditemukan telah terkumpul. Di kesempatan yang sama, Luki menegaskan setiap korban yang mengambil kendaraannya tidak dikenakan biaya apapun. Sementara untuk kendaraan yang rusak karena telah lama tidak digunakan, Pihaknya juga menyediakan tempat Servis Gratis.

Diantara yang mengambil kembali kendaraannya adalah Sunarsih (41) tahun warga Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur, mengaku kehilangan motornya yang baru saja lunas dari dealer. Sunarsih cukup senang bisa mendapatkan kembali motornya yang hilang.

“Syukur alhamdulillah bisa ketemu lagi, ndak enak kalau ndak ketemu nanti disangka banyak orang ngomong kalau sepeda yang saya beli itu tidak barokah. Terima kasih bapak Kapolda,”kata Sunarsih seusai menerima kendaraannya kembali yang diserahkan Kapolda Jatim.

Ada pula Mustaqim, warga Gresik ini mengaku kehilangan kendaraannya saat sedang bertani di sawah. Kini, Mustaqim mengaku sangat senang motornya bisa kembali lagi.

“Waktu itu hilang di sawah. Saya tinggal 1 (Satu) setengah Jam, tiba-tiba hilang. Terima kasih Pak Kapolda, bisa buat ke sawah lagi,”kata Mustaqim. (Sam)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar