Pimpinan DPRD Gresik Periode 2019-2024 Dikukuhkan, Bupati Sambari Berharap DPRD Bisa Sinergitas Dengan Pemeritah


GRESIK, suryaindonesianews.com
Setelah melalu beragam tahapan sesuai dengan Aturan yang Berlaku, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik Masa Jabatan Tahun 2019-2024 secara Resmi telah ditetapkan. Penetapan Pimpinan tersebut tertuang dalam Surat SK Gubernur Jawa Timur dengan Nomor : 171.437/1288/011.2/2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Gresik Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Adapun dari Surat tersebut H. Fandi Akhmad Yani, S.E dari Fraksi PKB didapuk menjadi Ketua DPRD Kabupaten Gresik, dr. Asluchul Alif, M.Kes dari Fraksi Partai Gerindra menjadi Wakil Ketua I, H.Ahmad Nur Hamim, S.Pi, M.Si dari Fraksi Partai Golkar menjadi Wakil Ketua II, Mujid Riduan, S.H dari Fraksi PDI Perjuangan menjadi Wakil Ketua III.

Pengambilan Sumpah dan Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Gresik yang diagendakan melalui Sidang Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Sementara H. Mohammad Abdul Qodir, S.Pd yang digelar di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Gresik JL. KH. Wakhid Hasyim, No.5, Kebungson, Gresik, hari Senin (23/09/2019). Dengan Agenda Sidang Paripurna Pengambilan Sumpah dan Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Gresik Masa Jabatan tahun 2019-2024, dilaksanakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Gresik Fransiskus Arkadeus Ruwe, S.H, M.H dan diikuti oleh Ketua Pimpinan yang dilantik H. Fandi Akhmad Yani, S.E

Dalam kesempatan tersebut turut diserahkan Palu Kepemimpinan oleh
Ketua DPRD Sementara H. Mohammad Abdul Qodir, S.Pd Kepada H. Fandi Akhmad Yani, S.E selaku Ketua DPRD Gresik dan Pimpinan Sidang Paripurna. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si, Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh.Qosim, M.Si Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos, Kabag Ops Polres Gresik, Kompol Harna. S.H, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Gresik, dan Pimpinan Parpol.

Dengan dilantiknya Pimpinan Definitif, H. Mohammad Abdul Qodir, S.Pd menyatakan Tugasnya sebagai Ketua DPRD Gresik Sementara  telah selesai. Serta telah menyelesaikan tugas-tugasnya yakni Membentuk Fraksi, Membentuk Tim Perumus Tata Tertib (Tatib) DPRD, hingga Memfasilitasi Penetapan Empat Pimpinan DPRD Gresik Definitif.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E menyampaikan siap melanjutkan Kepemimpinan DPRD Gresik Periode Sebelumnya. "Semoga bisa melanjutkan tugas ke Depan,"katanya. Serta akan segera mengebut Tugas dan Agenda Dewan yang sudah menunggu. Agenda terdekat adalah, pembentukan Alat Kelengkapan DPRD (AKD), meliputi Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), dan 4 Komisi, yakni Komisi I, Komisi II, Komisi III, dan Komisi IV. “Tugas DPRD lain yang menunggu adalah Pengesahan Penggunaan P-APBD 2019 dan Pengesahan Perubahan Tatib DPRD Gresik,”terangnya.

Politisi PKB itu juga berharap, ke Depan DPRD Gresik bisa saling Bekerjasama dengan Pemerintah. Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E juga memohon Doa Restu untuk Mengemban Amanah Lima Tahun mendatang.

"Tugas pertama kami adalah besok melantik satu anggota DPRD yang kemarin gak ikut pelantikan bersama karena Berangkat Haji, yaitu yaitu Hj. Nur Saidah, SE, MM,"imbuhnya.

Selain melantik Anggota, tambah H. Fandi Akhmad Yani, S.E dalam minggu ini diharapkan Pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang meliputi Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), dan dalam minggu ini harus Sudah Terbentuk,  termasuk Pembagian 4 (Empat) Komisi, yakni Komisi I, Komisi II, Komisi III, dan Komisi IV. “Tugas DPRD lain yang menunggu adalah pengesahan penggunaan P-APBD 2019 dan pengesahan perubahan tatib DPRD,”ungkapnya

Dengan padatnya tugas DPRD Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E meminta Dukungan semua Komponen Dewan, dan Komponen Masyarakat agar tugas-tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan lancar. “Saya mewakili Pimpinan juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Terima kasih kepada pimpinan sementara, dan kepada Bupati, Wakil Bupati Gresik dan semua yang hadir dalam Pelantikan ini,”katanya.

Sementara Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si, dalam sambutannya mengajak kepada Pimpinan DPRD Gresik yang Baru Dilantik dan Semua Anggota DPRD agar terus mewujudkan Kebersamaan yang sudah terbangun selama ini. “Dengan Kerja Keras, Insya Allah bisa memenuhi Harapan Masyarakat,”katanya.

Bupati Sambari yang masa Jabatannya sebagai Bupati Gresik tinggal 1,5 tahun ini juga Titip Pesan kepada Bupati dan Wabup yang Terpilih pada Pilbup Gresik 2020. “Siapapun yang jadi Bupati dan Wakil Bupati Gresik agar Pembangunan dan Program yang telah ada saat ini diteruskan,”pinta Bupati Sambari

Sedangkan untuk DPRD Gresik, tugas yang tak Kalah Penting adalah turun ke bawah dengan Menyerap Aspirasi Masyarakat. “Masyarakat menaruh harapan besar terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD yang Baru. Saya juga berharap DPRD Gresik bisa menjadi Motivator Pembangunan,”pungkasnya.

Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si, berharap DPRD Gresik Periode ini dapat bekerja sesuai Prosedur serta Hak dan Kewajiban dilakukan. Anggota Dewan juga bisa Mitra yang baik dalam Rangka Membangun Gresik lebih baik

"Ini adalah Momentum yang besar harus kita saling menjaga Kelam sebagai Penyelenggara Pemerintah Kami dan Teman Anggota Anggota Dewan ini,"ujar Bupati Sambari saat sambutan dalam Rapat Paripurna Pengukuhan Pimpinan DPRD Gresik. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar