Kapolda Jatim Menutup Gebyar Expo Pengembalian Barang Bukti Kejahatan Polda Jawa Timur Tahun 2019


GRESIK, suryaindonesianews com
Pameran bertajuk Gebyar Expo Barang Bukti yang digelar hampir sepekan di Polda Jatim, berakhir hari ini, Minggu, (29/09/2019)

Hadir dalam Acara Giat Penutupan yaitu Para Pejabatan Utama Polda Jatim, Kapolres/ta yang ikut berpartisipasi dalam Giat Gebyar Expo Barang Bukti

Acara ini ditutup dengan
dipertontonkan Tari Remo untuk Penyambutan Tamu yang ditampilkan oleh Anggota Polres Pasuruan, Tari Poco-Poco dengan pakaian Adat Papus yang diperagakan oleh Anggota Polres Tanjung Perak dan Pemberian Penghargaan kepada Polres-Polres atas Partisipasinya dalam kegiatan Gebyar Expo Pengembalian Barang Bukti Kejahatan Polda Jawa Timur Tahun 2019 dimulai 24 hingga 30 September 2019. Serta Penyerahan Door Prize bagi Netizen terbaik 3 (Tiga) orang berupa sebuah Sepeda Motor, Kulkas dan Televisi.

Menutup kegiatan tersebut, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si mengatakan, selama Lima Hari digelar, Acara tersebut juga mampu menyedot sebanyak 6.333 Pengunjung dari berbagai Daerah. Sebanyak 152 Barang Bukti Kendaraan terdiri dari R2, R4, dan R6 (Truk) berhasil ditemukan oleh Pemiliknya.

“Dan untuk saat ini, Barang Bukti yang tersisa akan kami Kembalikan kepada Polres masing-masing dan akan didata kembali secara Tertib,”terang Kapolda Jatim.

Dalam keterangannya, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si juga mengucapkan selamat untuk masyarakat yang telah menemukan kendaraannya yang selama ini hilang. Dan untuk masyarakat yang belum menemukan kendaraan miliknya yang hilang, Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si berharap akan bisa menemukan kendaraannya di lain kesempatan. “Karena ke depannya, Polda Jatim berencana akan terus menggelar acara serupa antara Tiga Bulan hingga Enam Bulan sekali, tergantung temuan di lapangan,”ungkapnya.

Masih kata Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si bahwa Pihaknya akan terus melakukan Kegiatan Pengembalian Barang Bukti Hasil Kejahatan kepada Masyarakat. Salah satunya dengan memanfaatkan Teknologi Informasi maupun dilakukan secara Sistem Online.

Dengan Sistem Online, Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si mengaku, semua Barang Bukti Ranmor yang ada di Polres-Polres Jajaran bisa Didata. Data ini dilakukan mulai dari Nomor Mesin dan Nomor Rangka yang masih utuh. Sehingga akan datakan, dan bisa dibuka secara Online.

“Kita terus akan lakukan dalam Rangka Pelayanan masyarakat yang lebih baik lagi. Kami dari Jajaran Polda Jatim akan terus melakukan ini yaitu Pengembalian Barang Bukti secara berkala, termasuk juga Polres Jajaran,”ucapnya.

Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si menambahkan, dengan maraknya Pelaku-Pelaku Kejahatan, baik Curanmor, Penipuan, Penggelapan maupun Razia, banyak sekali Barang Bukti yang diamankan. Mengenai Barang Bukti itu tidak hanya di Wilayah Jawa Timur saja. Karena yang hadir selama Gebyar ini ada yang dari Jateng dan Jabar.

"Pihaknya juga akan memanfaatkan Pengembalian Barang Bukti ini melalui Aplikasi yang nantinya bisa diakses masyarakat luas. Sampai saat ini Data Base Barang Bukti yang sudah masuk ada sekitar 6 Ribu. Sedangkan Barang Bukti yang sudah ditemukan pemilik asalnya ada sekitar 3 Ribu,"pungkasnya. (Sam)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar