Rekor Dunia Selam Guinness Word Record, Polda Jatim Turunkan 50 Penyelam


MANADO, suryaindonesianews.com
Pantai Kawasan Megamas, Manado, pada hari Sabtu tanggal 3 Agustus 2019, tampak Ramai dan di Pantai yang memiliki Air Berwarna Biru itu. Dalam hal ini menjadi bagian Sejarah dalam Pemecahan Rekor Dunia Selam atau Guinness World Record (GWR), yang bukan hanya Satu, melainkan Dua Rekor Dunia Selam. Serta akan dicatat sebagai Sejarah Baru Indonesia, yaitu Memecahkan Rekor Penyelaman Massal terbanyak (Most People Scuba Diving) dan Pembentangan Bendera terbesar di Bawah Air (Largest Unfurled Flag Underwater).

Dalam Pemecahan Rekor Dunia Selam atau Guinness World Record (GWR), Polda Jatim memberangkatkan Tim Penyelam sebanyak 50 Penyelam dari Ditpolair ke Manado, Sulawesi Utara. Mereka bersiap untuk ikut berpartisipasi bersama dengan 3000 lebih Penyelam lainnya.

Direktur Polisi Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Jatim, Kombes Pol Drs. Agusli Rasyid, SH, M.Hum mengatakan, secara keseluruhan ada 50 Personel Penyelam dan siap bergabung dalam Pemecahan Rekor Dunia Selam GWR di Manado diselenggarakan oleh Organisasi Wanita Selam Indonesia (WASI) dalam Rangka Dirgahayu RI Ke-74. Sejauh ini sambungnya, tidak ada Kendala dan Kondisi Personel semua dalam Keadaan Sehat.

Tim penyelam dari Ditpolairud Polda Jatim katanya, telah melakukan Latihan Jauh Hari. Mulai dari pengenalan Alat Selam dan beberapa hal yang harus dipahami dalam penyelaman. Seperti latihan ketrampilan pertama di kolam, lalu latihan di perairan terbuka atau laut.

Pada hari Sabtu (03/08/2019), Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jatim Kombes Pol Frans barung Mangera, SIK menjelaskan bahwa Polda Jatim mengirimkan 50 Penyelam Ditpolair di bawah Pimpinan Dir Polairud Polda Jatim Kombes Pol Drs. Agusli Rasyid, SH, M.Hum dan Kapolda Jatim Irjen Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si

Kombes Pol Frans Barung Mangera, SIK menambahkan, dalam Even kali ini, bukan hanya Satu, tapi Dua Rekor Dunia Selam yang akan dicatatkan untuk Sejarah Baru Indonesia, yaitu memecahkan Rekor Penyelaman Massal Terbanyak (Most People Scuba Diving) dan Pembentangan Bendera Terbesar di bawah air (Largest Unfurled Flag Underwater).

"Polda Jatim ikut berpartisipasi menjadi Peserta dan Turut Meramaikan Pemecahan Rekor ini,"ujar Kombes Pol Frans Barung Mangera, SIK.

Disebutkan lebih dari 3000 Penyelam yang berpartisipasi. Mereka terdiri dari berbagai Usia dan Gender. Dilokasi Ribuan Penyelam yang sudah dikelompokkan telah bersiap untuk memecahkan Dua Rekor sekaligus. Pengunjung pun tampak Antusias.

Pengunjung yang ingin menyaksikan Pemecahan Rekor Dunia hari ini tampak lebih ramai. Bahkan ada yang membawa seluruh Keluarganya untuk menyaksikan Aksi tersebut.

Kebetulan pada hari Sabtu dan hari Minggu Pantai Kawassn Megamas Manado Sulawesi Utara menjadi lokasi Rekor Dunia Selam yang biasa digunakan Warga Manado untuk berolah raga. Sebab Pemerintah menetapkan hari itu adalah Hari Bebas Kendaraan (Car Free Day)

Sebelumnya pada hari Kamis tanggal 1 Agustus 2819, Wanita Selam Indonesia (WASI) dan Ratusan Penyelam berhasil Memecahkan Rekor Rangkaian Manusia Terpanjang di Bawah Air (Longest Human Chains Underwater). Mereka berhasil bergandengan Tangan Tanpa Terputus selama lebih dari 7 Menit di laut biru itu.

Tercatat sebanyak 578 Penyelam Wanita dari Indonesia, dan Mancanegara seperti Malaysia, Australia, Amerika dan Mesir turut memeriahkan dalam Pemecahan Rekor kali ini di Laut Indonesia.

Pemecahan Rekor Dunia selam terpanjang ini dipimpin oleh Ketua
Wanita Selam Indonesia (WASI), Ny. Tri Tito Karnavian.

"Alhamdulillah Puji Syukur Kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa semua Kerja Keras Kita dalam setahun ini berhasil. Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, terima kasih kepada Bangsa Indonesia, terima kasih kepada Semua Masyarakat Indonesia dan juga Masyarakat Sulawesi Utara tentunya semua Peserta yang telah menyukseskan acara ini,"ucap Ny. Tri Tito Karnavian Ketua WASI.

Catatan Pemecahan Rekor Dunia selam ini Pecah menumbangkan Rekor sebelumnya yang dipegang oleh Amerika Serikat dengan jumlah Penyelam sebanyak 368 Orang. (Sam)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar