Gasak Gerinda Makita Tanpa Ijin Pelaku Diganjar Pasal 363 KUHP


GRESIK, suryaindonesianews.com
Apes nian nasib  Muhammad Su'ud (38thn), Warga Ds. Wedani RT. 07 RW. 07 Kec. Cerme Kab. Gresik, saat melarikan diri sehabis menggasak Alat Gerinda Merk Makita milik korban Aris Sugito di tempat kerjanya, akhirnya tertangkap di persawahan oleh Petugas Unit Reskrim Polsek Cerme.

Kapolsek Cerme AKP Iwan Hari Poerwanto, SH. mengatakan berdasar  LP/22.B/VII/2019/JATIM/RES GRESIK/SEK CERME, Tanggal 17 Juli 2019, tentang terjadinya Pencurian,  sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 KUHPidana.

Laporan ini,  dari korban Aris Sugito (44 thn), Warga Ds. Sedeng RT. 02 RW. 02 Kec. Kanor Kab. Bojnegoro yang kehilangan alat kerjanya berupa Gerinda Merk Makita di lokasi tempat kerjanya rumah milik Dedy Juni Asyah Perum Apsari Blok N-1 RT. 03 RW. 01 Ds. Ngabetan Kec. Cerme Kab. Gresik saat ditinggal Sholat Magrib pada hari Rabu (17/07/2019), pukul 18.00 WIB,

Berawal Kronologi kejadian, pada  hari yang sama sekira pukul 17.30 WIB, Pelaku mendatangi saksi Muhammad Joko dengan maksud untuk meminjam alat Gerinda Merk Makita warna Hitam Merah, namun permintaan tersebut tidak diperbolehkan oleh Saksi, karena pada saat itu alat Gerinda tersebut masih digunakan oleh Korban untuk keperluan merenovasi rumah milik DEDY JUNI ASYAH di Perum Apsari Blok N-1 RT. 03 RW. 01 Ds. Ngabetan Kec. Cerme Kab. Gresik. Beberapa saat kemudian pada saat rumah tersebut kosong karena ditinggal Sholat Magrib, kemudian Saksi Agus Saleh melihat Pelaku tersebut menaiki sepeda motor Honda Beat, No. Pol. W-6994-AW,  Warna Putih, tahun 2017 meninggalkan rumah tempat kejadian tersebut. Kemudian karena Saksi merasa Curiga, kemudian saksi sempat mengecek ke dalam rumah tempat kejadian, dan benar terdapat Alat Tukang berupa 1 (satu) buah alat Gerinda milik korban yg telah hilang dicuri oleh Pelaku tanpa ijin.

Atas kejadian tersebut Korban merasa dirugikan, dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Cerme. "Korban di dampingi saksi seperti Dedy Juni Asyah, Agus Saleh dan Muhammad Joko melapor hehilangan alat kerjanya berupa Gerinda Merk Makita dengan kerugian Materiil Rp.1 juta,"imbuh Kapolsek Cerme.

Maka berdasarkan laporan korban tersebut diatas, kemudian Petugas Kepolisian Polsek Cerme bersama dengan Korban mendatangi tempat kejadian Perkara, selanjutnya melakukan penyisiran di sekitar Area Perum Apsari Ds. Ngabetan Kec. Cerme Kab. Gresik. Petugas Unit Reskrim Polsek Cerme melihat seseorang yg dicurigai sedang menaiki sepeda motor Honda Beat, No Pol. W-6994-AW,Warna Putih, tahun 2017 di areal persawahan.

"Pelaku tersebut dapat dihentikan dan ditangkap oleh Petugas Polsek Cerme bersama dengan Saksi Korban sekitar Jarak 500 Meter dari lokasi kejadian,"ungkapnya.

Setelah itu Pelaku tersebut dibawa ke Pos Security Perum Apsari Ds. Ngabetan Kec. Cerme Kab. Gresik untuk diperiksa. Ternyata benar saat Jok Sepeda Motor yang dikendarai Pelaku dibuka, ternyata ditemukan Gerinda Merk Makita Warna Hitam Merah milik korban. Atas pengungkapan tersebut. kemudian Petugas membawa Pelaku bersama dengan Barang Buktinya ke Polsek Cerme untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Barang Bukti yang ada berupa 1 (Satu) buah Alat Gerinda Merk Makita Warna Hitam Merah dan 1 (Satu) Unit Sepeda Motor Honda Beat, No Pol. W-6994-AW, Warna Putih, tahun 2017. "Sedangkan pasal yang disangkakan kepada Pelaku yakni Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian,"tutur AKP Iwan Hari Poerwanto, SH. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar