Diskoperindag Gresik Gencar Sidak Makanan Kedaluwarsa di Toko Swalayan



GRESIK, suryaindonesianews.com
Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindag (Diskoperindag) Gresik melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah Pasar Modern (Minimarket/Swalayan), hari Kamis (09/05/2019).

Kegiatan Sidak tersebut dilakukan untuk menjamin Keamanan
Konsumsi Masyarakat selama bulan Suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran mendatang.

"Ini sebagai pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Kosumen. Ini akan kita lakukan selama Bulan Ramadhan hingga Lebaran nanti,"kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindag Gresik Ir. Agus Budiono, MM

Ir. Agus Budiono, MM menjelaskan bahwa Sidak ini merupakan bentuk Pengawasan yang dilakukan secara terpadu terhadap Peredaran Makanan Kedaluwarsa. Pihak Diskoperindag Gresik mengimbau Masyarakat untuk Jeli dalam membeli sejumlah Produk Khususnya Parcel,"jelasnya

"Dicek (teliti) terlebih dulu barangnya sudah Kedaluwarsa apa belum, biasanya yang Rawan itu sudah dibungkus menjadi Parcel,"pungkasnya.

"Tadi kami sudah keliling ke sejumlah Pasar Modern (Minimarket/Swalayan), Kita menemukan sejumlah barang Kedaluwarsa yang dikemas dalam bentuk Parcel.

Tidak cuman satu jumlah Parcel Kedaluwarsa yang kami temukan, tapi dalam jumlah puluhan disalah satu Pusat Perbelanjaan yang ada di Kota Gresik.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindag Gresik Ir. Agus Budiono, MM mengatakan saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak), barang Kedaluwarsa tersebut ditemukan oleh Tim Satgas Pangan terdiri dari Diskoperindag, Satpol PP dan Polisi.

Setelah menemukan barang Kedaluwarsa, kata Ir. Agus Budiono, MM, Pihaknya mengimbau pada Pihak Swalayan agar barang tersebut ditarik. Apabila masih membandel maka akan berurusan dengan Hukum karena melanggar (menyalahi), Undang-Undang Perdagangan.

"Pihak Swalayan sudah Kami tegur agar barang Kadaluwarsa itu ditarik, karena wewenang Kami hanya menghimbau,"tambah Ir. Agus Budiono, MM.

Ir. Agus Budiono, MM menambahkan bahwa Pihak Swalayan berdalih tidak mengetahui bahwa barang yang dijual tersebut sudah Kadaluwarsa saat ditemukan,"ujarnya. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar