Dinas Perikanan Bersama TP PKK Gresik Menggelar Lomba Kreasi Masakan Berbasis Ikan Tingkat Kabupaten 2019



GRESIK, suryaindonesianews.com
Dinas Perikanan Kabupaten Gresik menggelar Lomba Kreasi Masakan Berbasis Ikan Tingkat Kabupaten 2019 bersama Tim Penggerak (TP) PKK Gresik. Dengan berbasis Ikan Kakap, diharapkan menu-menu nantinya menghasilkan Inovasi yang dapat dipromosikan. Ratusan jenis menu masakan dilombakan di Ruang Putri Mijil Pendopo Kabupaten Gresik, hari Senin (22/04/2019).

Merupakan Agenda tahunan Lomba Kreasi Masakan Berbasis Ikan Tingkat Kabupaten 2019, dengan Program Anjuran Masyarakat Gemar Makan Ikan, agar Netral Juri pun diambil dari Luar. Tidak hanya lezat, kandungan gizi yang ada dalam olahan ikan juga harus diprioritaskan. Disisi lain, agar dapat meningkatkan Konsumsi Ikan terus naik per tahunnya.

Kepala Dinas Perikanan Gresik Drs. Choirul Anam, MM, dalam sambutannya menyampaikan Produk ikan di kabupaten Gresik selama ini melimpah. Luas tambak yang ada, dari 42 Ribu Hektar bisa menghasilkan 139 Ribu Ton Ikan per tahun sedang hasil tangkap (Laut) sekitar 24 Ribu Ton Ikan per tahun.

“Terkait hasil tambak, terbanyak Ikan Bandeng sekitar 88 Ribu Ton per tahun sedangkan hasil tangkap (Laut) terbanyak seperti Ikan Tongkol dan Kakap itu nomor dua,”pungkas Choirul Anam.

Karena Ikan Tongkol, tahun kemarin bahan dasar pengelolaan dan masakan menu sajian lomba. Dan tahun ini, lomba memakai masakan dan olahan  berbahan ikan Bandeng dan Kakap.

Terkait komposisi kandungan Gizi pada Ikan ini terdapat Omega 3, Omega 6 dan Omega 9 baik untuk Kesehatan disamping perkembangan buat Kecerdasan Anak Bangsa ke depan. Terutama anak usia 2 tahun sampai 5 tahun, lanjutnya.

Kegiatan Lomba Kreasi Masakan Berbasis Ikan Tingkat Kabupaten 2019 diadakannya tiap tahunnya, bertujuan untuk menghasilkan Inovasi Menu Makanan Ikan, dan Mempromosikan Masakan Ikan kepada masyarakat. Sekaligus mendukung upaya Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan mendukung tumbuh dan berkembangnya Ekonomi Kreatif,"ucap Drs. Choirul Anam, MM

Perlu diketahui, sesuai Kapasitas Nasional standar kebutuhan konsumsi ikan masyarakat harapannya tiap person atau per kapita sebanyak 47 Kg per Kapita per Tahun.

“Di Kabupaten Gresik tahun 2017 sebesar 37 Kg per Kapita per Tahun. Pada tahun 2018 meningkat menjadi 39,2 Kg per Kapita per Tahun. Harapan di tahun 2019 ini, bisa 47 Kg per Kapita per Tahun dan sudah sesuai Harapan Nasional,”imbuh Kepala Dinas Perikanan Gresik.

Kepala Dinas Perikanan Gresik Drs. Choirul Anam, MM menjelaskan Ketika Warga Gresik kebutuhan perkapitanya dalam setahun sudah bisa mencapai 47 Kg, maka di kali 1,350 Juta Jiwa yang ada di Kabupaten Gresik ada sekitar 60 Ribu Ton, maka Produk Ikan masih lebih. Karena satu tahunnya, kembali menambahkan kapasitas tangkapan sekitar 160 Ribu Ton. Sedangkan kebutuhan masyarakat tersebut baru sekitar 60 Ribu Ton sehingga ada Surplus sekitar 100 Ribu Ton per Tahun.

“Kelebihannya sebesar 100 Ribu Ton akan diekspor dan di jual ke Kabupaten maupun Provinsi lain diantaranya lewat Mujayanah, Ririn, KML Najik. Banyak kita Ekspor kesana,”ucap Choirul Anam.

Sangat disayangkan manakala bila masyarakat Gresik sendiri yang Gemar Makan Ikan tidak diterapkan. Ditiap kecamatan ada perwakilan-perwakilan dan tiap sekolah kita Anjurkan Gemar Makan Ikan,"ungkapnya

Sementara itu, Ketua TP PKK kabupaten Gresik Hj. Maria Ulfa Sambari menerangkan Kriteria di Lomba ini ada menu Balita dan menu untuk Dewasa juga kedepan. Tapi untuk menu keluarga dititik beratkan pada Ikan Kakap dan Menu Balita itu Ikan Bandeng.

“PKK Kabupaten Gresik ikut Menggerakkan dan Memotivasi masyarakat agar Gemar Makan Ikan. Di mana kandungan proteinnya banyak terdapat pada ikan kakap dan bandeng yang banyak dibutuhkan tubuh,”tegas ketua TP PKK Gresik.

Ketentuan Lomba Kreasi Masakan Berbasis Ikan Tingkat Kabupaten 2019 ini, lanjut Hj. Maria Ulfa Sambari mengangkat Potensi Lokal yakni Ikan Bandeng dan Ikan Kakap.

Dengan adanya Lomba Kreasi Masakan Berbasis Ikan Tingkat Kabupaten 2019, diharapkan bisa menciptakan Kreasi dan Inovasi dari ibu-ibu khususnya masyarakat Gresik. Serta akan bisa mewujudkan membuat makanan bervariasi baik dari Rasa maupun Bentuknya.

Ke depan, selain dikonsumsi untuk kebutuhan keluarga sendiri bisa ditingkatkan untuk menambah  kebutuhan ekonomi keluarga. Bisa di pasarkan ke Luar Gresik maupun ke luar negeri,"tutur Istri Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Ketua Panitia Lomba Kreasi Masakan Berbasis Ikan Tingkat Kabupaten 2019 Dra. Ec. Anna Sri Asih Agrijanti menambahkan dengan berbagai macam menu masakan berbasis Ikan Bandeng dan Ikan Kakap dari Tim Peserta ditampilkan. Para peserta lomba, menyajikan menu masakan sesuai kategori yang ditentukan Pihak Panitia Lomba dengan 2 Kategori yakni Sajian menu Balita berbasis Ikan Bandeng dan sajian menu Dewasa berbasis Ikan Kakap.

Tim Juri ada Tiga orang yakni Chef Kurniawan Arbi dari Surabaya, chef Latief Purnomo dari Surabaya dan Sri Wulandari dari SMK Negeri 1 Cerme Gresik.Tim Juri akan menilai mana yang terbaik dari 17 peserta lomba ini. Juri akan menilai Rasa, bentuk Sajian, Variasi Menu, Kebersihan dan Estetika,"katanya.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Gresik Drs. Choirul Anam, MM, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Hj. Maria Ulfa Sambari, Ketua GOW Kabupaten Gresik Hj. Zumrotus Sholihah Qosim, Betty Andhy Hendro Wijaya isteri Sekda Gresik dan Nyonya Ning Esthi Djoko Sulistio Hadi. Serta Staf Penyuluhan KKP RI dan diikuti beberapa UMKM Binaan Dinas Perikanan Gresik.

Di acara penutup pengumuman Juara Lomba ini oleh Ketua Panitia Lomba. Adapun pemenangnya adalah Juara I diraih TP PKK Kecamatan Menganti, Juara 2 diraih TP PKK Kecamatan Wringinanom, Juara 3 diraih TP PKK Kecamatan Benjeng. Lalu Juara Harapan 1 diraih TP PKK Kecamatan Kebomas dan Juara Harapan 2 diraih TP PKK Kecamatan Sidayu. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar