KPUD Gresik Berharap Pers Ikut Mensukseskan Pemilu 2019



GRESIK, suryaindonesianews.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik Silaturrahmi (Jumpa Pers) dengan Insan Pers Kabupaten Gresik, serta mengajak Insan Pers ikut menyukseskan Pemilu Pileg dan Pilpres tanggal 17 April 2019 mendatang agar Proses Demokrasi dapat tercipta lebih berkualitas. Dengan Agenda Kegiatan Sosialisasi dari Pendidikan Pemilih serta Persiapan Memasuki tahapan Kampaye Rapat Umum dan Iklan Media Pemilu Serentak tahun 2019


Pada Acara tersebut turut hadir Ketua KPU Kabupaten Gresik Akhmad Roni, S.Si, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan Dan Hubungan Partisipasi Masyarakat Makmun, S.Th.I, Divisi Teknis Penyelenggaraan Elvita Yulianti, dan Perwakilan Media yang ada di Kabupaten Gresik.

Ketua KPU Kabupaten Gresik Akhmad Roni, S.Si  mengatakan peran Pers sangat penting dalam mewujudkan Pesta Rakyat Lima Tahun sekali. Maka sudah seharusnya Sinkronisasi KPU dan Pers, juga Elemen lain dapat dilakukan

"Mari sama-sama kita sukseskan Pemilu 2019, semoga Demokrasi yang berkualitas dapat terwujud,"katanya, saat memberi sambutan ramah tamah bersama Insan Pers, bertempat di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik. Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No 690 Gresik, Jum'at (22/03/2019)

Ketua KPU Kabupaten Gresik Akhmad Roni, S.Si, menjelaskan Surat Suara yang diterima 4,7 Juta Lembar, ada 10 Ribu Lembar Surat Suara yang Rusak. Dengan perincian 588 Lembar Surat Suara untuk Pemilihan Presiden dan wakil Presiden, 3.115 Lembar Surat Suara untuk Pemilihan Anggota DPR RI,  627 Lembar Surat Suara untuk Pemilihan DPD Jatim, 1.954 Lembar Surat Suara untuk DPRD Provinsi Jatim, dan 4.193 Lembar Surat Suara untuk Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Gresik.

“Kami sudah memberitahukan ke KPU Pusat per tanggal 16 (Maret) kemarin, supaya dapat segera ditindak lanjuti dan disiapkan penggantinya,”tandas Akhmad Roni, S.Si,

Masih menurut Ketua KPU Kab. Gresik Akhmad Roni, S.Si, untuk mencegah penyalah gunaan, dalam waktu dekat Surat Suara yang rusak direncanakan akan dibakar. “Tapi masih nunggu kedatangan Surat Suara Penganti dulu,”terangnya.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan Dan Hubungan Partisipasi Masyarakat menargetkan 77,5 Persen angka Partisipasi Masyarakat dalam Perhelatan Pemilu 2019.

Makmun, S.Th I pun Optimis KPU Gresik dapat memenuhi target yang sudah ditetapkan."Targetnya 77,5 Persen Partisipasi pemilih, dan sesuai data KPU Gresik Partisipasi masyarakatnya sudah bagus Insya Allah bisa memenuhi target,"ujarnya.

"Target 77,5 Persen ini merupakan Target dari KPU Pusat yang dibebankan kepada KPU Kabupaten Gresik. Dibandingkan Pileg tahun 2014  yang mencapai 74 Persen. Jadi kita punya PR atau kurang 3,5 Persen yang harus tercapai,"imbuh Makmum

Lanjut Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan Dan Hubungan Partisipasi Masyarakat Makmun, S.Th.I, Kita menggandeng Rekan-Rekan Media atau Insan Pers untuk ikut menyampaikan Informasi tentang  Pemilu 2019  dan Mengedukasi Masyarakat agar lebih Cerdas terkait Pemilu.

Ada 3 Poin penting agar Pelaksanaan Pemilu Sukses yakni Pertama Pemilih yang cerdas baik sebelum, saat dan setelah memilih. Kedua baik Penyelenggara Pemilu, Awak Media, Masyarakat dan Pemerintah sama-sama ikut mengawal Tahapan Pemilu, karena tidak menutup kemungkinan Penyelenggara Pemilu di bawah melanggar Kode Etik. Ketiga penyelenggara Pemilu harus berintegritas. Kenapa demikian ? Bila tidak berintegritas maka Pelaksanaan Pemilu akan bermasalah dan Produk Pemilu patut dipertanyakan.

Disampaikan juga oleh Makmun, S.Th.I, terkait tahapan Krusial yakni 21 hari sebelum masa tenang. Di mana sesuai PKPU No. 7 Tahun 2017 diperbolehkannya Kampanye Terbuka atau Rapat Umum  yang dihadiri masyarakat.

"Jadwalnya dimulai  tanggal 24 Maret 2019 sampai 13 April 2019. Rapat Umum dalam pelaksanaannya harus mendapat ijin dari Pihak Kepolisian yang ditembuskan ke KPU dan Bawaslu,"ucap Makmun, S.Th.I.

Sementara itu, terkait Jadwal Tahapan Kampanye nanti ditingkat Nasional, Ranah Kampanye dibagi 2 Zona yakni Zona A dan Zona B. Propinsi Jawa Timur masuk Zona B, untuk jadwal berturut 2 (Dua) Hari. "Jadwal Rapat Umum dimulai tanggal 24 - 25 Maret 2019 untuk Paslon 01 dan Paslon 02 tanggal 26 - 27 Maret 2019,"ujarnya

Sedangkan Jadwal Kampanye Partai Pengusung Paslon Presiden dan Wakil Presiden mengikuti Jadwal Kampanye Paslon yang diusungnya.

Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Gresik juga berupaya agar Partisipasi Pemilih atau masyarakat meningkat dalam Pileg dan Pilres 2019 sesuai target 77,5 Persen dengan melaksanakan beberapa Program seperti Konser Musik, Lomba Selfi TPS dan Pemilu Run,"ungkap Makmun, S.Th I. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar