Kebakaran Wiring Kabel Pada Panel Outgoing Mengakibatkan Pemadaman Listrik

Nabire - suryaindonesianews.com Warga Nabire dibuat pusing dengan padamnya listrik di kota Nabire, di ketahui padamnya listrik dari PLN terjadi hingga 5 jam dan hal tersebut sangat mengganggu aktivitas warga Nabire pada minggu pagi, (23/9/18).

Setelah di konfirmasi wartawanTernyata penyebab terjadinya gangguan tersebut, General Manager PLN Nabire, Mutakin kepada awak media mengatakan bahwa pemadaman tersebut karena kebakaran wiring kabel pada Panel Outgoing di PLTMG Kalibobo Nabire, Asal mula terjadinya gangguan tersebut berawal dari Ground Fault Relay atau Relay Gangguan Tanah pada penyulang RRI, sehingga mengakibatkan penyulang tersebut mengalami trip dan mati,"Jelasnya.

Lanjut Mutakin, Kejadian tersebut merembet hingga Panel Interkoneksi 2 (dua) sehingga menyebabkan Arrester Polymer yang berfungsi untuk menangkal gelombang berjalan dari petir yang akan masuk ke instalasi pusat pembangkit listrik bocor dan membakar wiring cable panel outgoing interkoneksi 2(dua) dan outgoing express PLTMG Kalibobo, Akibat kejadian tersebut  terjadi black out atau pemadaman total jaringan listrik di Nabire, karena sistem kelistrikan tidak berfungsi akibat tidak disalurkan ke pusat beban.


Usai kejadian tersebut, Tim PLN didampingi PT. PP dan PT. Wartsila melakukan penggantian peralatan yang rusak dan merewiring instalasi kabel yang terbakar sejak pukul 05.15 wit. Dan baru selesai setelah memakan waktu 5 jam.
Lebih jauh Mutakin memaparkan bahwa, kemungkinan gangguan seperti ini masih dapat terjadi di lain waktu karena Jaringan Tegangan Menengah yang beroperasi di Nabire masih menggunakan konstruksi lama.

Untuk mencegah hal ini terjadi, menurutnya perlu dilakukan perawatan jaringan secara intensif, Selain itu hal-hal non teknis lainnya seperti tidak bermain layangan dekat jaringan dan memperhatikan pohon yang tumbuh dekat jaringan agar tidak menyentuh kabel jaringan, hal itu sangat perlu diperhatikan juga,Terangnya.

Oleh karena itu, Mutakin berharap agar warga masyarakat bisa bersama-sama menjaga kehandalan jaringan listrik di Nabire, dan yang memiliki pohon atau tanaman dekat dengan jaringan untuk mengijinkan petugas memangkas tanaman atau pohon tersebut hal ini guna untuk mengatisipasi terjadinya pemadaman listrik oleh karena hambatan yang tidak terduga," tutupnya.(Sam'mad).
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar