30 Mobil Tanpa Dilengkapi Dokumen Sah di Amankan Satlantas Polrestabes Surabaya

SURABAYA, suryaindonesianews.com
Tim Sus Satlantas Polrestabes Surabaya mengamankan 30 Mobil tanpa Dokumen yang Sah, dalam kurun waktu 7 Bulan dari Januari hingga Juli 2018. Mobil tersebut berbagai Jenis Mobil dan Merk di Jajar di Halaman Satpas Colombo, Jalan Ikan Kerapu No. 2-4, Perak Barat, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (07/08/2018).

Mobil sebanyak ini Keluaran tahun 2015, 2016, dan 2017 ternyata Sitaan di berbagai lokasi di Surabaya, lantaran tak dilengkapi Dokumen yang Sah (Bodong).

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH didampingi Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pandia, SIK, MM mengatakan, Kendaraan tersebut diamankan setelah petugas menduga adanya Ketidak Cocokan antara Nomor Rangka Mesin dengan Surat-Surat dari Pemilik Kendaraan. Polrestabes Surabaya memiliki Tim Sus yang secara Khusus untuk Mendeteksi Kendaraan di jalan yang diduga tidak dilengkapi Surat sesuai dengan Aslinya.

“Dari kendaraan tersebut, setelah dicek Registrasinya sesuai dengan Nomor Rangkanya, hal tersebut tidak identik dengan surat yang dimiliki kendaraan. Maka dugaan ini terkait dengan Tindak Pidana,”ujar Kapolrestabes Surabaya

Kombes Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH mengungkapkan, banyak Dugaan Tindak Pidana yaitu salah satunya Persoalan Fidusia. Kendaraan tersebut diduga dikredit dan dijaminkan. Selain itu, bisa juga terkait dengan Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Roda Empat, bahkan bisa juga Tindak Pidana Penggelapan dan tidak menutup kemungkinan juga Praktek Penipuan dan Perampasan.

Diduga kuat Surat-Surat Sengaja dipalsukan, baik itu STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) maupun BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor).

Setelah 30 Kendaraan tersebut diamankan, Satlantas Polrestabes Surabaya berkoordinasi dengan Satreskrim Polrestabes Surabaya
untuk ditindak lanjuti. Satreskrim akan melakukan penyelidikan terkait siapa Pemilik Kendaraan tersebut dan sekaligus Tindak Pidananya.

Misal, dari Nomor Polisi yang ada, Kendaraan itu berasal dari Bandung, maka Polisi akan mengkroscek di Wilayah tersebut dan menanyakan ada Tindak Pidana Pencurian di Bandung sesuai dengan Nomor Polisi yang ada di Kendaraan. Jika ada dan sesuai, maka bisa dipastikan bahwa Mobil tersebut merupakan Hasil Curian.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH
menambahkan “kepada Pemilik Kendaraan bisa datang langsung ke Satpas Colombo Surabaya untuk mengambil kendaraan dengan menunjukkan dokumen sah kepemilikan kendaraan tanpa dipungut biaya,”pungkasnya.

"Kita akan terus melakukan pengembangan apakah mobil tersebut terlipat Jaringan Pelaku Pencurian Kendaraan bermotor,"ujar Kapolrestabes Surabaya. (Sam)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar