PENYULUH PERTANIAN HARUS BERKOMPETEN DAN MILIKI WAWASAN YANG LUAS

GRESIK, suryaindonesianews.com
Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si menekankan pentingnya profesionalisme dan tenaga kompeten sebagai pelaksana penyuluh pertanian. Artinya, sebagai penyuluh pertanian harus memiliki wawasan yang luas terkait dengan ilmu pertanian secara luas.

Hal tersebut dikatakan Bupati Sambari saat membuka Diklat Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik yang diikuti oleh 30 orang dan bertempat di ruang Argo Lengis kantor Bupati Gresik, Senin (30/04/2018).


Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si, mengatakan, penyuluhan pertanian merupakan bagian dari system pembangunan di bidang pertanian yang mempunyai kedudukan yang strategis, yakni dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Gresik.

“Melalui penyuluhan yang dilakukan nantinya mampu dikembangkan dan kemandirian petani dalam mengelola usaha pertaniannya,”ujar Bupati Sambari.

Masih menurut Bupati Sambari, pentingnya upaya pemerintah bersinergi bersama masyarakat dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan yang saat ini kondisinya nampak stabil.



Dari sisi riwayat Pendidikan formalnya, seluruh peserta diklat adalah para lulusan jurusan pertanian. Hal itu dibuktikan dengan pertanyaan yang diajukan Bupati kepada seluruh peserta diklat.

“Sebagai seorang penyuluh pertanian harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang berimbang. Oleh karena itu, yang saya inginkan adalah penyuluh pertanian harus memiliki figure lulusan jurusan pertanian,”imbuh Bupati Sambari. (SP)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar