Penuhi Keinginan Warga Desa, Bupati Irsyad Yusuf Resmikan Perpustakaan, Sentra IKM, Pusyan Gatra, Dan Taman Bermain Anak-Anak



Pasuruan, suryaindonesianews.com
Secara bertahap, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus berusaha membangun sarana dan prasarana yang dibutuhan oleh masyarakat.
Kali ini, Pemkab Pasuruan membangun 3 gedung dan Taman Bermain bagi anak-anak di Kecamatan Rembang, di mana pembangunan gedung dan taman tersebut sudah selesai dan diresmikan oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad, Jumat (09/02/2018) sore.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Pasuruan, HM Soeharto mengatakan, tiga gedung tersebut yakni Sentra IKM (Industri Kecil Menengah), Balai Penyuluhan KB dan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (Pusyan Gatra) serta Perpustakaan Umum.
Untuk Sentra IKM, biaya pembangunannya mencapai Rp 200 juta yang langsung difungsikan sebagai tempat promosi produk hasil karya IKM di sekitar Kecamatan Rembang. Dalam gedung tersebut dilengkapi dengan computer, meubelair, wifi, TV dan rak display.
Begitu pula dengan Pusyan Gatra telah selesai dibangun melalui APBD Kabupaten Pasuruan tahun 2017 sebesar Rp 626 Juta yang dibangun di 2 lokasi, yakni di Kecamatan Rembang dan Kelurahan Gempeng, Kecamatan Bangil. Gedung tersebut difungsikan sebagai tempat aktifitas kantor dan sebagai tempat penyuluhan yang dapat dimanfaatkan dengan kegiatan pemberdayaan keluarga dan ketahanan masyarakat, serta sebagai tempat konseling keluarga.
“Pusyan Gatra merupakan wadah kegiatan pelayanan keluarga melalui pemberian KIE (komunikasi, informasi dan edukasi), dan fasilitasi dalam upaya mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera,” kata Soeharto saat membacakan laporan kegiatan.
Sedangkan Gedung Perpustakaan Umum Rembang, pembangunannya menghabiskan anggaran sebesar Rp 198 juta, dan Taman Bermain anak-anak sebesar Rp 200 juta. Menurut Soeharto, gedung perpustakaan difungsikan sebagai rumah belajar modern dan lembaga pemberdayaan masyarakat melalui media bacaan dan informasi. Dan untuk taman bermain merupakan kepeduluan Bupati Pasuruan dalam mewujudkan Kabupaten Pasuruan sebagai Kabupaten Layak Anak.
“Untuk pembangunan taman bermain anak-anak bisa dimanfaatkan sebagai sarana interaksi antar warga, sarana edukasi dan ruang bermain, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup anak-anak di Kecamatan Rembang,” imbuhnya.
Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf menghimbau agar seluruh sarana dan prasarana yang telah diresmikan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan seluruh masyarakat Kecamatan Rembang, dan selanjutnya dapat memberikan multi effect player bagi perkembangan dunia usaha di sekitar lokasi tersebut.
“Sebagai contoh, perpustakaan umum dapat membuat anak-anak sekitar suka membaca. Sentra IKM dapat mempekerjakan masyarakat sekitar, dan taman bermain bisa memberikan wadah bagi anak-anak dalam kebebasan berimaginasi sesuai dengan usianya. Mohon dimanfaatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya,” ucap Irsyad, sesaat setelah acara selesai dilaksanakan. (wawl)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar