Kebangkitan Literasi Kota Sorong

ATDM Comunity Kota Sorong
Sorong, suryaindonesianews.com 
(31/12/2017), Bicara dunia literasi di daerah tertentu, kita seperti sedang membicarakan sesuatu yang masih asing. Sepertinya mahfum bahwa ketidak tahuan sebagian masyarakat di suatu daerah tentang literasi adalah karena kurangnya geliat pergerakan literasi di masing-masing daerah tersebut. Pertumbuhan yang seolah-olah jalan di tempat jika tidak ingin dikatakan mati.

Beberapa waktu lalu tepatnya di hari Selasa 26 Desember 2017, detak jantung literasi Kota Sorong akan kembali dihidupkan. Hal ini diawali dengan diadakannya pertemuan antara Akademi Tulis Dan Membaca (ATDM) dengan para pengungkit literasi kota Sorong seperti Gerakan Mahasiswa Raja Ampat (Gemara), dan LAFAS.

Pertemuan ini membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan literasi, pembentukan kepengurusan ATDM Community Kota Sorong, serta proyek perdana yang menjadi target bersama yaitu penulisan buku tentang Kota Sorong yang akan bercerita segala hal mengenai Kota Sorong. 

Dalam hal ini, ATDM Community akan menjadi mentor kepenulisan sekaligus wadah utama yang akan memayungi komunitas-komunitas literasi yang telah ada sebelumnya di Kota Sorong.

ATDM Community_ adalah sebuah komunitas di bawah naungan hukum Radit Rindu Foundation_, sebuah yayasan yang bergerak dalam aksi-aksi berbagi kebaikan di bidang edukasi, sosial, kemanusiaan dan keagamaan.

Seperti foundation yang menaunginya, ATDM Community pun ditujukan untuk menjadi pergerakan literasi yang sekaligus sebagai pergerakan menebarkan kebaikan. Seperti mottonya  "Menulis dan Membaca untuk Kebaikan" yang menjadi dasar visinya. Jadi tidaklah heran jika kebangkitan literasi Sorong, nantinya pun akan bertujuan sama yaitu untuk aksi-aksi kebaikan. Selain itu, mendekatkan buku kepada masyarakat, mengurangi angka keengganan membaca yang terus menjadi soroton bangsa, juga akan menjadi fokus kegiatan para pengurus _ATDM Community Kota Sorong.

Pertemuan ini merupakan bagian dari rangkaian acara roadshow  Radit Rindu Foundation Goes to Papua. Saya ucapkan selamat atas kebangkitan literasi Kota Sorong. Semoga dengan terbentuknya kepengurusan ATDM Community wilayah Kota Sorong, akan memberikan semangat baru untuk terus menulis dan membaca demi kebaikan khususnya di Kota ini, ucap Raditya Riefananda selaku founder ATDM Community pada media.(S.SI).
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar