Kasat Lantas Polres Gresik Tertibkan Pejalan Kaki Dan Pasang Spanduk Di Beberapa Titik Area Zebra Cross

Gresik, suryaindonesianews.com
Seperti yang telah diketahui, Zebra Cross berfungsi sebagai saranatempat penyeberangan pejalan kaki. Namun, seiring berjalannya waktufungsi itu mulai tergerus, dan tidak dipergunakan secara maksimal oleh masyarakat.

AKP Wikha Adilestanto SH, SIK, Kasat Lantas Polres Gresik memasang Spanduk (Banner), Himbauan yang bertuliskan "The Beatles Aja Lewat Masa Kamu Nggak". Maksude penjalan kaki harus menyebrang di Area Zebra Cross di beberapa titik yang berada di Wilayah Hukum Kabupaten Gresik, hari Rabu (17/01/2018).

Kasat Lantas Polres Gresik, AKP Wikha Adilestanto SH, SIK, mengatakan bahwa Zebra Cross merupakan tempat penyebrangan bagi para pejalan kaki. Umumnya, Zebra Cross berada di Depan Traffic Light dan banyak dipersimpangan jalan. Fungsi Zebra Cross sendiri untuk mengakomodasi kepentingan para pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan. Jika tak ada jembatan penyebrangan, Zebra Cross diutamakan keberadaannya, agar memudahkan pejalan kaki yang ingin melintas.Zebra Cross sebenarnya merupakan Hak dan "Jalur Khusus" bagi para pejalan kaki.

Adapun pentingnya keberadaan Zebra Cross di Jalan Raya tertera dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. “Pentingnya keberadaan Zebra Cross sudah di atur didalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Tepatnya, ada di pasal 275 ayat 1, pasal 28 ayat 2 UU ini menyatakan bahwa penyelenggara Lalu Lintas dan Angkutan Jalan diwajibkan menyediakan Fasilitas untuk Sepeda, Pejalan Kaki, serta penyandang cacat,”ungkap AKP Wikha Adilestanto SH, SIK Kasat Lantas Polres Gresik.

Sungguh disayangkan,  sebagian besar Zebra Cross tak berfungsi sebagaimana mestinya. Zebra Cross sering dijadikan sebagai alasan Estetika dan Formalitas Belaka. Memang markahnya cukup jelas dan besar, tetapi fungsi serta kenyamanannya menjadi pertanyaan besar. “Sejujurnya kurang nyaman, karena jika saya lihat Zebra Cross tidak digunakan semestinya, maksudnya kebanyakan pejalan kaki menyeberang ke tempat tujuan, tidak menggunakan Zebra Cross melainkan ia langsung menyeberang saja melalui jalan-jalan biasa yang tidak adanya tanda Zebra Cross,"ungkap AKP Wikha Adilestanto SH, SIK

Pemasangan spanduk (Banner) ini diharapkan menjadi suatu upaya perubahan yang membuat masyarakat sadar akan Fasilitas yang telah Pemerinah berikan Demi Keselamatan kita bersama. "Setiap jalur Zebra Cross, kami kasih Banner bergambar Anggota Grup Band Legendaris sedang menyeberang jalan di jalur zebra cross,”ujar Kasat Lantas Polres Gresik.

Misalnya di Jalan Pahlawan Gresik, Banner berukuran 2 x 4 meter bertuliskan "The Beatles Aja Lewat Masa Kamu Nggak". Banner tersebut dipasang di dekat jalur Zebra Cross. “Ini sebagai motifasi supaya masyarakat untuk menyeberang jalan di Jalur Zebra Cross,” imbuhnya.

Mantan Kasat lantas Mojokerto ini menambahkan, pelaku tabrak lari sulit terdeteksi. Namun, pihaknya sudah menyiapkan cara. Dengan memasang kamera CCTV di sejumlah Titik Rawan Laka. Langkah ini diambil karena CCTV yang dipasang Dishub Gresik tidak semua berfungsi.

Penambahan kamera CCTV, AKP Wikha Adilestanto SH, SIK, akan menggandeng Perusahaan melalui Program CSR. Harapannya, dengan tambahan kamera CCTV dapat memantau Arus Lalu Lintas di seluruh Jalur yang Rawan. “Minimal membantu kami mendeteksi pelaku tabrak lari. Tidak hanya itu, CCTV juga membantu mengungkap pelaku Tindak Kriminalitas,”sambung Kasat Lantas Polres Gresik

“Anggota akan lebih sering-sering lagi berpratoli di sekitar area zebra cross supaya tidak ada yang melanggar Area Zebra Cross. Jika ada yang melanggar diberikan Sanksi semestinya,"ujar AKP Wikha Adilestanto SH, SIK. (Smk)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar