Divonis Ringan oleh Hakim, Pengedar Pil Dobel L 

Gresik, suryaindonesianew.com
Sukartini, ibu rumah tangga (40 thn), warga Desa Kedungsumber Timur RT.06 RW 01 Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik,  terdakwa Kasus Kepemilikan 512 Butir Pil Koplo jenis Pil Doble L ini bisa bernafas lega karena Majelis Hakim PN Gresik menghukum ringan terhadapnya.

Sidang yang diketuai Majelis Hakim Putu Mahendra, SH, MH mengagendakan Pembacaan Putusan digelar di Ruang Cakra PN Gresik, Selasa (02/01/2018).

Dalam surat putusannya, terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan melawan Hukum serta menyalahi aturan Pemerintah menyediakan farmasi/alat kesehatan yang tidak memiliki ijin edar sebagaimana dimaksud dalam pasal 196 dan pasal 197 undang-undang RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. "Menyatakan, terdakwa Sukartini secara sah bersalah dituntut pidana Penjara 9 Bulan dan Denda 5 juta, Subsidair 1 Bulan,"kata Ketua Majelis Hakim Putu Mahendra, SH, MH.

Lanjut Putu Mahendra, SH, MH, yang memberatkan terdakwa Sukartni dengan sengaja mengedarkan dan menyediakan farmasi atau alat kesehatan yang tidak memiliki ijin serta tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu.


Putusan ringan Majelis Hakim lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pujo S Wardoyo, SH. Dalam tuntutannya, Jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik itu hanya menuntut terdakwa dengan Hukuman Satu Tahun Penjara dan Denda Rp. 5 Juta Rupiah, Subsidair Tiga Bulan Kurungan.

Atas Vonis tersebut, terdakwa pun nampak kebingungan. Setelah diberi penjelasan oleh Hakim Putu Mahendra, SH, MH terdakwa akhirnya menyatakan pikir-pikir untuk mengajukan upaya Hukum Banding. Begitu juga Pengacara terdakwa dari Posbakum LABH AL BANNA, Nazilatul Fitria Amri, SH menyatakan untuk pikir-pikir atas Putusan Majelis Hakim.

Perlu diketahui, kasus yang menyeret Sukartini ke meja hijau lantaran dirinya diringkus oleh Reskrim Polsek Balongpanggang, hari Rabu (23/08/2017), di Warung Desa Kedungsumber lantaran tersangka kedapatan mengedarkan dan menyimpan barang haram Pil Koplo Doubel L. Barang bukti Pil Koplo Doubel L warna putih sebanyak 512 (Lima Ratus Dua Belas) butir ditemukan di kandang ayam belakang warung milik terdakwa. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar