Satlantas Polres Gresik, Razia Motor Knalpot Bising Jelang Natal Dan Tahun Baru

Gresik, Surya Indo
Jajaran Polisi Lalu Lintas (Polantas), Satlantas Polres Gresik menggelar Operasi Razia Knalpot Racing (Knalpot Bising) dan Pengendara Roda Empat, menitik beratkan kelengkapan surat-surat kendaraan. Razia tersebut Dilaksanakan di Terminal Bunder, Jalan Raya Banjarsari Cerme
Gresik, hari Selasa (12/12/2017).

"Knalpot Racing (Bising) enggak Standar, bisa dilihat dari kondisi knalpot yang tidak sesuai, bentuk dan suaranya,"kata Kasat Lantas AKP Wikha Adilestanto, SH, SIK melalui Ipda Suryono, Kanit Turjawali Satlantas Polres Gresik. "kita khususkan ke knalpot karena banyak masyarakat yang merasa terganggu dengan bunyi bisingnya"

Karena jumlah Personel Lantas dalam Operasi tersebut sekitar 10 Orang, yang dipimpin Ipda Suryono, Kanit Turjawali Satlantas Polres Gresik. Tak hanya knalpot bising yang diberhentikan oleh Polisi, tapi juga Pengendara Roda Dua dan Empat yang tidak melengkapi surat-surat kendaraannya seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Salah seorang pelajar SMK Darut Taqwa, Suci Manyar Gresik, yaitu Alex Yunani (17 tahun), motornya menggunakan Knalpot Bising diberhentikan Anggota Satlantas Polres Gresik. Pelajar tersebut bersama temannya yang dibonceng tidak mengetahui ada Polisi menggelar Razia. Saat melintas, Alex Yunani yang mengendarai motor Yamaha Jupiter Nopol W 6242 JB, kaget ketika dihentikan salah satu anggota Satlantas Polres Gresik.

Dengan rasa malu Alex Yunani diminta menunjukkan kelengkapan surat kendaraannya. "Ayo turun, coba di-Starter motornya. Waduh bunyinya sangat keras sekali membuat telinga jadi bising,"ujar Kaur Bin Ops Satlantas Iptu Muh. Zainuddin, SH.

Selain motor milik Alex Yunani, Polisi juga menghentikan motor lainnya yang menggunakan knalpot bising. Sedikitnya, ada 5 (lima) motor yang dianggap Polisi menggunakan knalpot tidak sesuai aslinya.

"Knalpot motor saya memang bukan aslinya. Knalpot aslinya disimpan di rumah, kebetulan lagi pulang kerja. Kalau disuruh mengambil saya siap saja mengganti yang asli,"ucap Agus, Warga Kec. Benjeng, Gresik yang juga pemilik Motor Yamaha Bison Nopol W 3575 JQ.

Menurut Kasat Lantas AKP Wikha Adilestanto, SH, SIK melalui Ipda Suryono, Kanit Turjawali Satlantas Polres Gresik, menuturkan suara yang ditimbulkan dari Knalpot Bising mengganggu ketenangan. Bahkan bisa memicu orang lain melakukan tindakan kriminal karena merasa terganggu. Oleh karenanya, petugas akan melakukan penertiban.

AKP Wikha Adilestanto, SH, SIK melalui Ipda Suryono, menambahkan,  munculnya knalpot bising juga diperparah dengan kecenderungan anak muda mengikuti Tren. "Motor yang memakai knalpot racing (Bising) harus ditilang dan disita kendaraannya. Kalau perlu panggil orang tuanya dan suruh langsung ganti knalpot. Itu dilakukan supaya tidak membuat gaduh"

Selain itu kami juga menghimbau kepada pengendara, agar hati-hati menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya. Lengkapi Kendaraan sesuai dengan ketentuan dan bawa surat-surat
kelengkapannya, seperti SIM dan STNK,”jelas Kasat Lantas melalui Kanit Turjawali

Lebih lanjut Kasat Lantas melalui Kanit Turjawali mengatakan Razia digelar dengan tujuan untuk menekan angka pelanggaran dan angka kecelakaan di jalan raya yang salah satunya disebabkan oleh ketidak patuhan masyarakat pengguna jalan.

Operasi Penertiban pada Kendaraan Jelang Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, tidak hanya sat ini saja. Tetapi. akan dilakukan setiap hari. Meskipun nantinya sudah lewat dari Hari Natal maupun Pengantian Tahun baru,"tuturnya. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar