Polres Gresik Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2017

Gresik, suryaindonesianews.com
Kepolisian Resort Gresik melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Gresik 2017, bertempat di Sentraland Kota Baru Driyorejo, Jalan Raya Petiken, Mulung, Driyorejo Gresik, Jawa Timur, hari Kamis Sore (21/12/2017).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2017 yaitu Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito, SIK, MAP. Sedangkan Komandan Apel AKP Supiyan, S.Sos, Kasat Sabhara. Denga  ditandai Penyematan Pita Operasi oleh Inspektur Upacara kepada perwakilan dari Sat Sabhara, Sub Den Pom dan Dishub, menandakan seluruh Personil, baik itu Polri, TNI maupun Instansi terkait, siap mensukseskan jalannnya Operasi Lilin Semeru 2017, dalam Rangka Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.


Operasi Lilin 2017 kali ini, mengusung Tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2017, Kita Tingkatkan Sinergi polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2017 Dan Tahun Baru 2018"


Hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2017, Dandim Gresik Letkol Kav Widodo Pujianto, SH, Wakil DPRD Gresik, Nur Qolib, S.Ag, M.Si, Kepala Dinas Satpol PP Drs. Achmad Nuruddin, MM, seluruh Pejabat Utama Polres Gresik, tingkat Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran dan Personil yang terlibat Ops Lilin Semeru 2017. Serta peserta apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2017, terdiri dari TNI, Sat Sabhara, Satuan Lalu Lintas, Staf Polres, Satpolair, Sat Reskrim, Intelkam, Dishub dan Sat Pol PP.

Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito, SIK, MAP, membacakan amanat Kapolri Drs. M. Tito Karnavian, MA, Ph.D mengatakan Operasi Lilin 2017 akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018. Dengan mengedepankan kegiatan Preventif didukung kegiatan Intelijen dan Penegakan Hukum.

"Gabungan personel TNI Polri, Dishub dan Satpol PP, hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru, khususnya di tempat-tempat ibadah, jalan-jalan Perlintasan Arus Mudik dan Arus Balik, Objek Wisata, Pusat Perbelanjaan, serta Fasilitas Transportasi yang akan digunakan,"katanya.

"Sedangkan untuk menjamin ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok, Polri bersama dengan Instansi terkait melaksanakan langkah-langkah Preventif secara sinergis guna mencegah terjadinya permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok. Upaya tersebut akan terus dilakukan sepanjang pelaksanaan Operasi Lilin 2017 berlangsung,"ujarnya

Ia mengatakan, tolak ukur keberhasilan Operasi Lilin 2017 ini ditandai dengan terwujudnya Kamseltibcar Lantas, menurunnya angka Kejahatan, tersedianya Kebutuhan dan Stabilitas harga bahan pokok, serta tertanggulanginya dampak bencana alam.

"Oleh karena itu saya tekankan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personel yang bertugas agar petakan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah. "Kemudian, tentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang. "Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah Aksi Teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah, dan tempat-tempat lainnya,"jelasnya.


Perayaan Natal dan pergantian tahun yang bersamaan dengan libur sekolah merupakan saat yang dinantikan oleh masyarakat diseluruh penjuru dunia, dengan penuh kebahagiaan dan suka cita, yang diharapkan dapat terselenggara dengan nyaman, aman, lancar, dan menjadi tugas Polri sebagai aparat keamanan untuk memenuhinya.

Kesempatan yang sama Kabag Ops Polres Gresik, Kompol Harna, SH menjelaskan tentang dinamika operasi mulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan sampai dengan tahap pelaporan. Personel gabungan akan disiagakan 250 Personil, serta di bantu dari anggota polsek Jajaran untuk mengamankan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Kabupaten Gresik, nantinya keseluruhan personil akan dibagi untuk melakukan pengamanan pada beberapa obyek, termasuk tempat ibadah, pusat keramaian dan obyek pergantian tahun.

Kompol Harna, SH, menambahkan, dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat pada perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Polri didukung Satuan TNI dan seluruh Instansi terkait dan Mitra Kamtibmas menggelar Operasi Lilin Semeru 2017. "Mengedepankan tindakan Preemtif dan Preventif yang didukung dengan tindakan deteksi dini serta penegakan hukum secara Profesional dan Proporsional,"ujar Kabag. Ops. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar