Peringkat I Innovative Government, Pemkab Gresik Boyong IGA Award 2017

Gresik, Surya Indo
Setelah melalui rangkaian penilaian yang panjang dan alot, Pemerintahan Kabupaten Gresik, akhirnya berhasil mendapatkan Piagam penghargaan bergengsi Inovative Government Award (IGA) Tahun 2017.

Penghargaan ini diterima oleh Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim, M.Si pada Malam Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif/ IGA Tahun 2017 dan Leadership Award di Puri Agung Convention Hall Hotel Sahid Jaya Jakarta, hari Senin (18/12/2017).


Penyelenggara Innovative Government Award Tahun 2017 yaitu Kementerian Dalam Negeri ini berbeda dengan penyelenggaraaan tahun 2007, 2008, 2010, 2011, 2012, 2013. Malam penghargaan Innovative Government Award 2017 dan Leadership Award 2017 dihadiri langsung Menteri Dalam Negeri Indonesia Tjahjo Kumolo, SH.

Perlu diketahui, setelah pada tahun 2011, Kepemimpinan Dr. Sambari Halim Radianto, M.Si mendapat Predikat sebagai Kepala Daerah/Leadership Award dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Putera Daerah asli Gresik ini kembali membawa Pemerintah Kabupaten Gresik meraih Innovative Government Award (IGA) Tahun 2017. Tak tanggung-tanggung, Kota Kabupaten yang berjuluk Kota Santri ini berada di Peringkat 1 (pertama) dan Meraih Predikat Terbaik dari 10 Kabupaten lain Peraih IGA 2017.

Penghargaan IGA Award Tahun 2017 diberikan Pemerintah Pusat kepada Bupati Gresik Sambari, karena Pemerintah Kabupaten Gresik sudah banyak melakukan terobosan Inovatif. Sehingga pelayanan Publik bagi masyarakat Gresik menjadi lebih Mudah, Efektif, Efisien dan Transparan. Kategori Inovasi yang dilombakan diantaranya Tentang Tata Kelolah Pemerintahan Daerah, Inovasi Pelayanan Publik, dan Inovasi lainnya yang disesuaikan dengan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah.

Ada 3 (Tiga) hal utama dalam melakukan penilaian Innovative Government Award, yaitu, Aspek Kuantitas, Aspek Kualitas, dan Aspek manfaat yang ketiganya didasarkan pada 5 (lima) Kategori Inovasi Daerah, yakni mengandung pembaharuan seluruh atau sebagian Unsur dari Inovasi. Memberi manfaat bagi Daerah atau Masyarakat.

Perolehan Penghargaan IGA 2017 ini telah melalui serangkaian tahapan. Mulai dari penjaringan Profil Inovasi Daerah yang dilakukan pada bulan Agustus 2017. Verifikasi profil pada bulan September 2017, Validasi pada bulan Oktober-November 2017, melalui Presentasi Kepala Daerah dan temuan lapangan dan puncaknya pada Pemberian Penghargaan IGA pada bulan Desember 2017 ini.



Selama ini Pemkab Gresik yang telah banyak melakukan pembaruan yang memberi banyak manfaat dan semakin memudahkan masyarakat menjadi salah 1 (satu) Nominator Peraih IGA Award Tahun 2017, dan akhirnya terpilih Meraih Penghargaan tersebut pada Peringkat I (Satu)

Program Unggulan yang ditonjolkan Pemkab Gresik ada 5 (Lima) antara lain Bidang Pertanian dengan Sistim Tanam Jajar Legowo, Program Kartu Keluargaku, Data Ulang (Kakekku Datang), Perpustakaan Mini Kota Wali (Pusmintali), Program Kotaku 100-0-100 dan Program Ipal Komunal.

"Bupati Sambari sampaikan terima kasih kepada masyarakat atas dukungannya selama ini. Sebagai Pemimpin, kami bisa melakukan ini semua atas dukungan semua masyarakat. Sehingga Gresik banyak Meraih Prestasi. Tujuan kami satu yaitu kesejahteraan masyarakat,"ujar Bupati Gresik melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono seusai Menerima Penghargaan tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Sambari mengajak kepada seluruh masyarakat Gresik untuk tetap mendukung Program Pemerintah pada tahun 2018 nanti. "Kepada seluruh Forkopimda, Pejabat ASN untuk bersama-sama membantu dalam menjalankan pembangunan menuju kesejahteraan. Dalam melaksanakan Program Pembangunan butuh kebersamaan dan dukungan semua masyarakat,"jelasnya.

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol, Suyono, SH,S.Sos, MM yang ikut mendampingi Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si
menjelaskan, Kali ini Gresik ada diurutan 1 (Pertama) dari 10 Peraih IGA 2017 Tingkat Kabupaten dengan urutan Pemkab Gresik, Pemkab Bogor, Pemkab Malang, Pemkab Musirawas, Pemkab Pinrang, Pemkab Boyolali, Pemkab Sleman, Pemkab Madiun, Pemkab Bantaeng dan Pemkab Lebak. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar