Perhatian Ketua Dekranasda Jombang Pada Pelaku Usaha

Jombang, Surya Indo
Ketua Dekranasda Kabupaten Jombang berkomitmen akan meningkatkan inovasi para perajin usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai wujud membantu pengembangan perekonomian Kabupaten Jombang khususnya dan provinsi Jawa Timur pada umumnya.
"Caranya dengan semakin mengasah keterampilan sumber daya manusia, pelaku usaha, perajin. Meningkatkan kapasitas teknologi dan proses produksi, ketersediaan bahan baku dan bahan pendukung, serta memberikan pembinaan secara intensif bekerjasama dengan seluruh stakeholder dan perbankan" tutur Tjaturina  saat bertemu dengan IKM dan UKM di 21 Kecamatan.
Selain itu, kata istri Bupati Jombang Nyono Suharli ini, inovasi-inovasi yang dilakukan yakni dengan membenahi desain dan kemasan, legalitas usaha, standarisasi produk, pemasaran serta permodalan.
Menurut Tjaturina, kemajuan ekonomi  di Kabupaten Jombang - Jatim tidak lepas dari peran serta Koperasi, UKM, IKM dan  Perbankan yang memberikan andil besar dalam penciptaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan.
Di bawah kepemimpinan Ketua Dekranasda Tjaturina Wihandoko,  diakui oleh para perajin, IKM dan UKM produk produk lokal banyak yang mengalami peningkatan kualitas dan mendapat kesempatan untuk berpromosi.
 "Alhamdulillah, Ibu Tjaturina perhatiannya kepada pelaku usaha sangat luar biasa, selalu memberikan kesempatan kepada kami untuk ikut pameran pada kegiatan apapun. Baik skala lokal maupun keluar daerah", tutur  salah satu perajin batik dari Perak juga perajin clutch dari Diwek, juga  pelaku usaha yang hadir pada setiap kegiatan pembinaan.
Yang terkini, batik Jombang telah dipopulerkan di Jogya Fashion Week, dengan menggandeng designer Lia Afif. Harapannya istri Bupati Jombang Nyono Suharli ini batik Jombang juga dapat dipromosikan di luar negeri. Pada saat ada agenda Asean Youth Interfaith Camp di Kabupaten Jombang, para UKM/ IKM juga dilibatkan untuk menggelar produk usahanya diarea kegiatan. Dan selama event internasional tersebut para undangan juga selalu mengenakan batik sebagai upaya promosi pada delegasi dari Asean.
Pembinaan UKM IKM kerjasama Dekranasda dan Dinas Perdagangan Kabupaten Jombang 2017 ini telah dilakukan di 21 Kecamatan, termasuk Wonosalam, Diwek, Tembelang, Peterongan,Bandarkedungmulyo,  Perak, Kesamben, dan kawasan Utara Braerdaerah utara . “Seluruh Kecamatan mendapat perhatian Dekranasda juga OPD terkait, tujuannya adalah agar Potensi Produk Unggulan di 302 desa 4 kelurahan di Kabupaten Jombang ini memiliki kualitas yang baik, diminati pasar dan berdaya saing, sehingga masyarakat sejahtera ”, tandas Tjaturina (bang/hms)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar