Kapolda Jatim Pimpin Upacara HUT Polairud ke-67 Tahun

Surabaya, Surya Indo
Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) dilaksanakan di Halaman Mako Ditpolair Polda Jatim Jalan Intan Tanjung Perak Surabaya,  Selasa (05/12/2018) sekira pukul 08.00 WIB sebagai Inspektur Upacara Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Machfud Arifin, SH.

Dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Polairud dihadiri Irwasda Polda Jatim, Kombes Pol Drs. Wahyudi Hidayat, Kepala Ro SDM Kombes Pol Drs. Rastra Gunawan, SH, MH, Dir Polairuda Jatim Kombes Pol Drs. Agusli Rasyid, SH, M.Hum, Para pejabat Utama Polda Jatim, diantaranya Kabid Propam Kombes Pol Indra Jafar, SIK, M.Si, Kabid Humas Kombes Pol Frans Barung Mangera, SIK, Kepala Biddokkes Kombes Pol dr. Budi Heryadi, MM, Kabid Hukum AKBP Arnapi, SH, SIK, M.Hum, Para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil Ditpolair Polda Jatim.

Dalam Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. yang dibacakan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Machfud Arifin, SH menyampaikan selamat hari ulang tahun ke-67 Kepolisian Perairan dan Udara, semoga Peringatan ini menjadi Momentum dalam mewujudkan korpolairud yang semakin Profesional, Modern, dan Terpercaya, sebagaimana tema yang diusung yakni “Korpolairud Siap Mewujudkan Polri yang Promoter Guna Mendukung Suksesnya Pengamanan Pilkada 2018”. 67 tahun yang lalu, pada tanggal 1 Desember 1950, Menteri Dalam Negeri RI menerbitkan keputusan yang menetapkan Polisi Perairan sebagai bagian dari jawatan Kepolisian Negara.

Selanjutnya pada tanggal 5 Desember 1956 diterbitkan Surat Keputusan Perdana Menteri RI tentang pembentukan Seksi Udara pada Jawatan Kepolisian Negara, sehingga Polisi Perairan berubah menjadi Polisi Perairan Dan Udara sebagai bagian dari Jawatan Kepolisian Negara RI.

Mencermati cuplikan sejarah tersebut, maka kita dapat memahami betapa akan pentingnya keberadaan kesatuan ini utamanya dalam menjaga keamanan wilayah dari sektor udara dan perairan. Kepolisian Perairan dan Udara memainkan peran penting dalam mendukung pemberantasan berbagai bentuk kejahatan, seperti perampokan di laut, pembalakan liar, kejahatan pertambangan, perdagangan manusia, serta berbagai bentuk kejahatan perikanan.

Harus disadari bahwa tantangan tugas dalam menjaga wilayah udara dan perairan ke depan tidaklah semakin ringan. Terlebih kebijakan dan berbagai program pemerintah yang memfokuskan pembangunan pada sektor kemaritiman guna mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia, tentu membutuhkan Kesiapan dan Kontribusi Aktif dari Polri, khususnya Korpolairud.

Salah satu langkah kebijakan yang diambil dalam menyiapkan satuan Polairud yang solid adalah dengan melakuan restrukturisasi. Karena itu, terhitung mulai tanggal 6 April 2017, Kepolisian Perairan Dan Kepolisian Udara disatukan dalam Korps Kepolisian Perairan Dan Udara, Baharkam Polri, yang dipimpin oleh seorang Inspektur Jenderal, dan membawahi Direktur Kepolisian Perairan Dan Direktur Kepolisian Udara, yang masing-masing berpangkat Brigadir Jenderal.

Irjen Pol Drs. Machfud Arifin, SH, di hari ulang tahun ke-67 Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) sudah siap melakukan Pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2018 yang rencananya dilakukan serentak. Polairud juga siap membantu KPU Jatim dalam Proses Pilkada, yakni soal pengamanan di daerah-daerah kepulauan yang jauh dan sulit dijangkau.

Nantinya anggota akan bertugas dan membantu KPU, seperti di Kepulauan itu seperti di Masalembu, kepulauan Sumenep, dan pulau Bawean.

Dalam menjalankan tugas pengamanan Pilkada Jatim 2018 nanti, bakal di-backup Mabes Polri. Baik itu Personel atau Perlengkapan. Tidak hanya Pemilukada saja, Polairud juga siap mengamankan untuk perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sementara Dir Polairudda Jatim Kombes Pol Drs. Agusli Rasyid, SH, M.Hum, mengaku, Pihaknya sudah siap melakukan pengamanan Pemilukada Jatim di daerah kepulauan. Bahkan, peralatan tansportasi kapal juga sudah siap.

“Kami memiliki 38 kapal untuk oprasional dan sudah siap mulai sekarang. Nanti juga akan di-backup kapal besar dari Mabes Polri saat bekerja,"pungkas Kombes Pol Agusli Rasyid. (Sam)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar