Kabupaten Gresik Terima Penghargaan Kemenkumham, Peduli HAM

Gresik, Surya Indo
Kabupaten Gresik mendapatkan Penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia, sebagai kabupaten/kota di Indonesia yang dianggap Peduli terhadap HAM. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Hukum Dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly, SH, Msc, Ph.D kepada Bupati Gresik yang di Wakili oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gresik, Drs. Choirul Anam, MM mengatakan Penghargaan yang diraih tersebut merupakan hasil dari Kerja Sama seluruh Elemen Pemerintah dan Masyarakat.
Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gresik, Drs. Choirul Anam, MM saat menerima Penghargaan dari Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly, SH, Nsc, Ph.D sebagai Kabupaten di Indonesia yang peduli HAM,  hari Minggu (10/12/2017). Dokumen Surya Indonesia

Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto. M.Si melalui Drs. Choirul Anam, MM, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gresik, menjelaskan Penghargaan tersebut diraih karena dianggap memenuhi Kriteria, dan Parameter penilaian dengan terpenuhinya hak masyarakat di antaranya yakni Hak atas Kesehatan, Hak atas Pendidikan, Hak Perempuan, Hak Anak, Hak atas Kependudukan, Hak atas Pekerjaan, Hak atas Perumahan yang Layak dan Hak Atas Lingkungan yang berkelanjutan.

“Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gresik, sangat bersyukur atas Apresiasi dan Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia,”katanya. Penghargaan ini merupakan kali kedua diterima oleh Kabupaten Gresik setelah pada tahun 2016 yang lalu mendapatkan Penghargaan serupa dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

"Kami berupaya semaksimal mungkin menjalankan roda pemerintahan sesuai aturan, agar dapat terpenuhinya HAM bagi masyarakat,"ujar Bupati Sambari melalui Choirul Anam, usai menerima penghargaan tepat pada Momen Peringatan Hari HAM sedunia yang ke-69, bertempat di The Sunan Hotel, Jalan Ahmad Yani No.40 Solo, Kerten Laweyan Surakarta Jawa Tengah, hari Minggu (10/11/2017).

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten Gresik menuturkan bahwa Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto, M.Si selalu berupaya untuk berkomitmen dan berusaha memenuhi hak masyarakat Kabupaten Gresik.

“Penghargaan ini merupakan Prestasi yang sangat membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Gresik karena menandakan Kota Wali dan Kota Santri ini peduli terhadap HAM. Pesan Bupati Sambari, ini harus dipertahankan untuk mendukung Pembangunan Daerah,"
terang Suyono, SH, S Sos, MM, Kabag. Humas dan Protokol.

“Bupati, Dr. H. Sambari Halim Radianto, ST, M.Si, Wabup, Dr. H. Moh. Qosim, M.Si dan Sekda Drs. Kng. Djoko Sulistio Hadi, MM, selaku Komandannya. Para Pimpinan OPD memiliki Motto Kerja Keras dan Kerja Bersama untuk memenuhi Hak Asasi Masyarakat Gresik terutama Wong Cilik, mempunyai Komitmen untuk berusaha memenuhi Hak atas masyarakat di kabupaten Gresik. Prioritas utama adalah pada Sektor Kesehatan dan Pendidikan. Setelah itu kami berusaha menjadi pelayan terbaik bagi masyarakat sehingga masyarakat merasa kami (Pemerintah) hadir di tengah-tengah masyarakat,”pungkasnya

Sementara itu, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo juga hadir dalam acara yang diikuti seluruh Provinsi dan Kabupaten/
Kota di Indonesia itu. Ir. H. Joko Widodo berpesan kepada seluruh Komponen khususnya bagi Para Pembuat Kebijakan, dan Birokrat agar senantiasa memperhatikan Aspirasi Masyarakat bawah. "Kebijakan yang baik bukalah seberapa banyak yang telah dibuat Pemerintah, tetapi seberapa banyak yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,"ujar Jokowi.

Saat memberikan Sambutannya Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo mengingatkan jika Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) 2015-2019, tersisa 2 tahun lagi. Jokowi memfokuskan beberapa Sasaran aksi HAM berikutnya. "Aksi HAM ke depan dititik beratkan dalam Pemenuhan Hak Anak, Hak Perempuan, Hak Penyandang Disabilitas, Hak Lanjut Usia, Hak Masyarakat Adat serta mengedepankan, dan menjaga toleransi antar kelompok umat beragama maupun antar kelompok sesama masyarakat,"kata Jokowi. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar