INFRASTRUKTUR : RUAS JALAN NASIONAL TRANS PAPUA TARGET 2019 SESUAI PERENCANAAN

Foto Kabalai PJN XVII Manokwari - Papua Barat, Ir. Yohanis Tulak Todingrara, MT
Manokwari, Surya Indo
Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVII Manokwari - Prov Papua Barat, Ir. Yohanis Tulak Todingrara, MT menyampaikan meskipun dalam suasana Natal ini kami masih tetap terus bekerja, tapi tentunya kita tidak meninggalkan ibadah.

Lanjut pak Tulak sapaan akrab Kabalai PJN XVII Manokwari, kami diberi tugas untuk Papua Barat terkait dengan ruas Jalan Nasional yakni Trans Papua.
Saat ditemui media Surya Indonesia setelah acara perayaan Natal Bersama Balai PJN XVII Manokwari, ketika dikonfirmasi Kabalai mengatakan : Ruas Jalan Nasional Trans Papua dan khusus di wilayah kerja Papua Barat yang kami tangani ada (dua) sagmen.

Sagmen 1 adalah jalan Manokwari - Sorong yang sudah tembus, dan beberapa tahun terakhir ini kita tinggal peningkatan jalan saja, dari 595 km yang ditangani kurang lebih 103 km yang belum di aspal.

Sagmen 2 adalah jalan Manokwari - Mameh - Wasior sampai perbatasan antara Prov Papua dan Papua Barat ada 475 km, kondisinya semua hutan telah terbuka tinggal pengaspalan saja, karena dari 475 km baru sekitar kurang lebih 150 km atau baru 1/3  yang sdh teraspal, kemudian juga ada 125 sungai yang belum ada jembatan jadi kita harus bangun jembatannya, Progres kira kira sdh mencapai capai 80 persen

Jadi boleh dikata Trans Papua dari Sorong Manokwari sampai Wasior batas antar Prov Papua dan Papua Barat hutan nya sudah terbuka semuanya dan sisanya pembangunan jembatan, perbaikan geometriks serta tanjakan tanjakan yang harus dibenahi dan kita harapkan sudah bisa fungsional ditahun 2019 sesuai dengan target kita, namun mungkin semua belum teraspal tapi paling tidak sudah bisa dilalui oleh kendaran kelas kelas tertentu, ada beberapa titik yang masih jalan tanah.

Harapan kita mohon dukungan dari kita semua masyarakat serta mitra kerja terlebih khusus lagi dukungan untuk pembangunan juga doa agar supaya jalan jalan kita semakin cepat difungsikan, kalau Sorong - Manokwari kita sudah beberapa kali melalui darat dan hampir setiap minggu masyarakat kita sudah ada yang lewat darat, kita harapkan untuk tahun depan 2018 sebagian juga kita dengan mobil mobil yang klasifikasi double gardan, mudah mudahan kita bisa melintas dengan mobil lewat darat ke Wasior dengan catatan tidak pada waktu musim hujan.

Karena kalau musim hujan sebagian jembatan tidak bisa kita lalui, untuk pengaspalan nanti nya bertahap, Karena yang terutama pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kita semua sudah menjanjikan kepada masyarakat bahwa diakhir tahun 2019 semua jalan Trans Papua sudah fungsional, dalam arti sudah dapat dilalui walaupun ada beberapa titik jalan yang harus dengan klas double gardan.

Untuk sagmen (dua) kita harapkan smoga diakhir tahun 2019 sudah bisa dilalui, kalau Sorong - Manokwari sudah dapat dilalui, tentunya kita dengan tembusnya  jalan ini bisa membantu mendorong pembangunan disektor lainnya.

Pembangunan disektor lainnya untuk angkutan logistik dan diharapkan juga ekonomi dapat berjalan, bahan2 bangunan bisa lebih murah sehingga masyarakat kita bisa dapat memperbaiki bangunan rumahnya, terus lagi beberapa titik mungkin bisa jadi destinasi wisata, pantai, gunung dan itu harapan kita dengan meningkatkan infrastruktur, slama ini  kita selalu kordinasi menjalin hubungan baik dengan Pemda Kota, Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi, membagi tugas sesuai fungsi dan status jalan itu, kita selalu bersinergi dengan PU Kota, PU Kabupaten Dan PU Provinsi  dikordinir oleh teman di Provinsi, dan juga yang diarahkan oleh Gubernur juga Bpk Menteri PUPR, kuncinya sinergi kedepan harus kita tingkatkan, komunikasi yang baik dengan masyarakat, para pengusaha/kontraktor, dukungan dukungan itulah yang kita harapkan agar supaya apa yang diharapakan  dapat tercapai.

Infrastruktur jalan  adalah menjadi daya dorong bagi sektor sektor lainnya, semoga kehidupan kedepan semakin meningkat serta intinya masyarakat dapat terlayani.

Diakhir konfirmasi Kabalai PJN XVII Manokwari, mengajak serta meminta kepada media (insan pers), rekan rekan wartawan sebagai mitra agar dapat menjadi mitra kerja yang baik dan selalu berkordisi, Konfirmasi dengan baik untuk informasi publik, kami juga berfikir bahwa wartawan adalah mata dan telinga kami diapangan, oleh karena itu marilah kita bersama sama membangun Daerah Papua yang sama sama kita cintai, memberikan informasi publik dengan berita yang aktual, akurat, berimbang dan terpercaya sehingga dapat dipertanggung jawabkan,.

Kabalai mengucapakan Selamat Hari Natal 25 desember 2017 dan Selamat Tahun Baru 01 januari 2018, Semoga kedepan apa yg kita harapkan bersama dapat terwujud.Tutupnya.(S.SI).
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar