Dinas PUTR Gresik Berinovasi Dengan Meluncurkan Aplikasi Apalan

Gresik, Surya Indo
Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Gresik Jawa Timur selalu berinovasi untuk mempercepat pelayanan masyarakat. Karena itu diperlukan Sistem Monitoring Satu pintu untuk seluruh pengaduan dan pusat layanan informasi. Hal ni bertujuan untuk mempermudah Kinerja dalam mengumpulkan, mengolah dan memonitoring seluruh sarana dan prasarana akan jalan.

Maka dari itu Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang  Kabupaten Gresik, dipimpin Ir. Bambang Isdianto, MM, melaunching Aplikasi Apalan. Adanya aplikasi ini bertujuan untuk menginformasikan mengenai sarana dan prasarana mulai dari jalan hingga penerangan jalan yang rusak. Aplikasi Apalan ini bisa di Dwonload secara gratis melalui Play Store.

Wakil Bupati Gresik Dr. H Moh. Qosim, M.Si ketika meresmikan aplikasi Apalan berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan sebaik mungkin terobosan yang dikeluarkan DPUTR. Selain untuk membantu melayani pengaduan pengguna jalan, Wabup juga menghimbau kepada masyarakat untuk turut memonitoring secara langsung kondisi jalan dan lampu penerangan jalan umum.

"Melalui peluncuran Aplikasi Apalan, ketika jalan rusak masyarakat langsung bisa melaporkan. Setelah ada laporan, pihak Dinas PUTR langsung menerjunkan tim unit reaksi cepat,"kata Wabup Moh. Qosim, usai meluncurkan Aplikasi Apalan DPUTR  di Stadion Joko Samudro, Gresik, Rabu (20/12/2017).

Moh. Qosim menambahkan, peluncuran aplikasi apalan ini bisa berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga jalan di Kota Pudak tidak ada yang rusak sebab langsung bisa diatasi. "Target tahun depan jalan rusak di Kabupaten Gresik tidak ada,"tambah Wabup Gresik.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang  Kabupaten Gresik,  dipimpin Ir. Bambang Isdianto, MM,
menyampaikan Aplikasi Apalan ini sudah pernah dilakukan uji coba kepada masyarakat. Dirinya juga berharap, aplikasi Apalan ini bisa menjadi Sistem Monitoring sehingga seluruh pengaduan terkait jalan rusak bisa langsung tertangani.

"Aplikasi ini terintegrasi dengan media sosial lainnya, tinggal foto jalan rusak atau PJU rusak, nanti langsung direspon secepat mungkin melalui tim Unit Reaksi Cepat (URC),"tutupnya

Kepala Bidang Bina Marga DPUTR Gresik, Dhianita Triastuti, ST
yang juga Ketua Panitia peluncuran Aplikasi Apalan, Dhiannita Triastuti mengaku senang dengan peluncuran aplikasi tersebut.

Selain peluncuran aplikasi, Kegiatan yang juga dalam Rangka Hari Ulang Tahun Dinas PUTR Gresik yang ke-72 itu juga memamerkan stand-stand yang bebas diperlihatkan di masyarakat.

"Selain peluncuran aplikasi, acara yang dihelat ini juga untuk memeriahkan HUT PU. Semoga kami bisa bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat," pungkasnya. (Sp)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar