Wakapolda Jatim Irup Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Polda Jatim. 


 
Surabaya, Surya Indo
Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan, sebagai Momen Reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan Kusuma Bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur pagi ini, Jumat (10/11/2017),pukul 07.00 WIB bertempat di Lapangan Upacara Mapolda Jatim.  menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke 72 tahun 2017. Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs. Awan Samodra, SH selaku Inspektur Upacara.

Hadir pada giat ini para Pejabat Utama Polda Jatim diantaranya Dir Binmas Kombes Pol Drs. Gamar Basri, Kabid Humas Kombes Pol. Frans Barung Mangera, SIK, Kabid Propam Kombes Pol Indra Jafar, SIK, M.Si dan seluruh Pamen, Pama, Bintara dan PNS Mapolda Jatim.

Adapun yang bertugas sebagai pengibar bendera pada Upacara Hari Pahlawan pada tanggal 10 November 2017 yakni Bripda Wildan Bayu S, Bripda Ryan Mustofa, Bripda Fajar Iman.

Dalam kegiatan tersebut juga di dibacakan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, petugas pembaca Ipda Made Hadi Krisna. Sedang membaca pesan pesan pahlawan Ipda Irwan dan Ipda Wulan dari Satuan Fungsi Direktorat Sabhara Polda Jatim.

Dalam amanatnya, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs. Awan Samodra, SH, selaku inspektur upacara, membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia dengan mengusun tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negri”.

Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah Dekolonisasi Dunia, yakni Peristiwa “ Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional betapa segenap rakyat Indonesia menyerhkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya, menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini , selamat hari pahlawan tahun 2017, "tutup Wakapolda.

Usai  Upacara Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs. Awan Samodra, SH,  mengatakan sebagai generasi penerus bangsa, kita memiliki tugas untuk mengisi kemerdekaan yang sudah diperjuangkan para pahlawan "Bentuknya seperti dengan ikut menyukseskan pembangunan, menjaga keamanan serta ketertiban, guna menjaga keutuhan bangsa,"ujar Awan Samodra. (Sam)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar