Sering Terjadi Pemadaman Listrik Di Nabire Papua,

 PLN Jawab Penyebabnya


Nabire, Suryaindo
Terkait dengan sering adanya Pemadaman Listrik dikota Nabire. Kepala PLN Nabire Mutakin AMd.T saat ditemui wartawan diruang kerjanya kamis 30/11/2017, terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf yang  sebesar besarnya kepada masyarakat  serta menjawabnya terkait dengan sering terjadi pemadaman listrik di wilayah Nabire Papua.

Mutakin Sapaan Kepala PLN menyampaikan permohonan maaf ke
konsumen PLN yang ada di kota nabire dan sekitarnya oleh karna kami dari pihak Pln terhitung mulai pada tanggal 21/11/2017 sedang melakukan comisioning atau pengetesan/ pengujian mesin.
Dari pengujian 3 mesin yang ada telah kami lakukan pengetesan/ pengujian satu persatu dari unit mesin yang ada, sehingga berdampak pada kemungkinan pemadaman listrik, dalam hal ini kami melalukan pengujian yang namanya Lodrejaction dimana mencoba mesin dengan kapasitas 7.8 mega, dan dengan beban penuh tibatiba di lepas.

Oleh karena mesin kita mesin mesin kecil dan secara otomatis tidak bisa menerima beban secara tiba tiba sehingga berdampak Black Out.

Mutakin menambahkan, perlu di ketahui bahwa pengetesan tersebut ada berbagai macam yaitu, MCR, RR ialah reabiliti Ran atau pengetesan atas beberapa persyaratan yang harus sertifikasi oleh badan sertifikasi, terkait dengan sertifikat layak operasi(SLO) dan untuk mendapatkan SLO harus melalui beberapa pengujian- pengujian, dan saat ini 3 mesin sudah beroperasi, akan tetapi di sebut sebuah pembangkit baru apalagi dalam kapasitas besar, apalagi bergabung dengan sistim yang lama pasti akan ada penyesuaian Proteksi dan lain lain, agar arus tersebut bisa seirama dan hal itu butuh proses ketelitian, dan dalam proteksi harus ada koodinasi Relle karena dari beberapa penyulang penyulang tersebut di koordinasikan dengan relle nya ada, ketika kita mensinergikan itu, dan pada saat belum ketemu terjadi treep berulang ulang"Jelasnya.

Saya memohon maaf sebesar besarnya kepada seluruh konsumen PLN yang ada atas kejadian tersebut, sekaligus harapan saya agar  masyarakat bersabar sebab target pengujian yang kami lakukan hingga dengan tanggal 15 desember 2107, akan tetapi pengujian pengujian berat nya sudah di lalui, saat ini tinggal hanya pengujian bersifat pengoperasian secara countinew yang di lakukan dengan beban standar sehingga menutup kemungkinan sekiranya tidak akan terjadi pemadaman lagi kedepannya. "Katanya.

Disinggung terkait peresmian PLN baru yang ada di kali bobo Nabire," beliau menjawab dalam hal ini kami belum mendapatkan informasi yang pasti, akan tetapi dari pihak pengelola proyek PLN tersebut di perkirakan pertengahan desember 2017 akan di serahkan ke pihak kami PLN, dan masaalah peresmian PLN yang seperti di sampaikan Bupati, dalam hal ini kami belum bisa memastikan dan belum bisa memberikan penjelasan yang pasti karena dari atasan kami belum tau atau belum menginformasikan kapan peresmian tersebut ke pihak kami di sini.(Sammad).
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar