Kapolda Jatim Beri 150 Kursi Roda Dan 10 Kruk Penyandang Disabilitas



Surabaya, Surya Indo
Masih dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-65 tahun 2017, Kepolisian Daerah (Polda) melakukan kegiatan bakti sosial. Kali ini, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, SH didampingi istri Ny. Lita Machfud Arifin menyerahkan bantuan berupa kursi roda sebanyak 150 unit bagi penyandang disabilitas.“Ini adalah kepedulian Bhayangkari Daerah, terhadap orang orang yang memerlukan, difabel. yang korban kecelakaan lalu lintas, atau mungkin bawaan dari kecil, dari lahir, ataupun mungkin karena sakit, kita peduli,”kata Machfud Arifin, Senin (16/10/2017). Penyerahan bantuan itu dilaksanakan di Gedung Mahameru Mapolda Jatim. Hadir dalam penyerahan itu di antaranya, Waka Polda Jatim Brigjen Pol Drs. Awan Samodra, SH, Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol dr. Budi Heryadi, SST, MK, MM, beserta pejabat utama Polda Jatim didampingi pengurus Bhayangkari Polda Jatim dan para pengurus serta anggota HWDI Jatim.

Menurut Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, SH bantuan 150 kursi roda diserahkan bagi penyandang disabilitas sebagai bentuk ungkapan syukur. Bantuan diserahkan ke seluruh wilayah Jawa Timur melalui DPD Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Jatim. Selain bantuan kursi roda juga diberikan pula bantuan 10 pasang kruk atau alat bantu jalan. Sedangkan kegiatan bakti sosial sudah digelar sebelumnya mulai donor darah, pengobatan gratis, khitanan massal, operasi bibir sumbing, operasi katarak, dan berbagai kegiatan lain.

Ketua Bhayangkari Polda Jatim, Lita Machfud Arifin mengatakan bantuan kursi roda dan kruk tersebut didistribusikan ke seluruh Jatim, melalui DPD Wanita Disabilitas Indonesia Jawa Timur. Selain itu, juga diberikan kepada anggota keluarga polri yang membutuhkan. “Sebagian kami sampaikan langsung ke Pengurus Pengurus cabang Bhayangkari, untuk yang membutuhkan langsung dari keluarga besar Polri dan Bhayangkari, yang membutuhkan tentu ada mungkin,”kata Litta. Dimana bantuan tersebut langsung dapat dirasakan masyarakat manfaatnya. Pemberian dilakukan secara simbolis kepada perwakilan dari wilayah Tulungagung, Pasuruan, Jember, Surabaya kota.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Jatim Kombes Pol dr. Budi Heryadi, SST, MK, MM menjelaskan jika pihaknya hanya memfasilitasi kegiatan tersebut karena yang menyelenggarakan adalah Kapolda dan Ibu Bhayangkari Jawa timur. “Sebenarnya Pak Kapolda sudah menyiapkan hal ini, sekitar 2 bulan yang lalu cuma nunggu dibarengkan Hari peringatan HKGB,”tutur Budi. Dalam penyalurannya, selain melalui pengurus Bhayangkari seluruh Jawa timur. Bantuan juga melibatkan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI). “Kita punya datanya dari ketua HWDI kan sudah ada datanya, tapi misal ada masyarakat yang belum dapat bantuan Kita bisa sediakan,”imbuhnya. Dari 150 kursi roda, 40 sudah diserahkan secara langsung. Sedangkan sisanya akan dikirim setelah mendapat rekomendasi dari Ketua HWDI masing-masing wilayah. Tidak hanya bantuan kursi roda maupun kruk, waktu dekat pihaknya juga akan memberi bantuan kaki palsu bagi mereka yang tak memiliki kaki.

Munawaroh asal Kediri selaku Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) wilayah Jawa timur. Ia juga baru saja mendapatkan alat bantu berupa kursi roda, sama dengan yang lain. Ia mengatakan bantuan yang biasa diterima kaumnya dari Pemerintah selalu terbentur masalah administrasi, namun hal ini berbeda dengan apa yang dilakukan Polda Jatim. “Bantuan dari Polda ini memang tidak menggunakan syarat apapun, saat Ulang tahun (HWDI) Kita sampaikan kemudian Pak Kapolda menanggapi. Lalu pihak kesehatan (Bidang Kedokteran dan Kesehatan/ Biddokkes) menginformasikan jika ada bantuan,”tuturnya. HWDI diceritakan Munawaroh merupakan organisasi yang dibentuk para kaum disabilitas, dan kebanyakan pengurusnya adalah perempuan. “Anggota dan pengurusnya semua disabilitas, bisa Autis, Syindrome, Daksa, Tuna Netra, Tuna Rungu tapi perempuan. Bisa aktif maupun pasif, dan program Kami seperti pengentasan kemiskinan,”tutupnya. (Sam)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar