DPRD Gresik Tingkatkan Kinerja Wakil Ketua Diganti

 
Gresik, Surya Indo
Dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (02/10/2017). Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) diganti melalui Pergantian Antar Waktu (PAW). Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) Sholihuddin, SH, MH diganti oleh Moh Syafi’AM, SH yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Komisi III. Pengambilan sumpah jabatan Syafik AM sebagai Wakil Ketua DPRD masa jabatan 2014-2019 tersebut dilakukan oleh petugas dari Pengadilan Negeri Gresik. Hal itu menyusul terbitnya surat PAW (Pergantian Antar Waktu) yang dibacakan saat Sidang Paripurna di Gedung DPRD Gresik, Jawa Timur. Surat Keputusan (SK) PAW itu dibacakan langsung oleh Ketua DRPD Gresik, Ir. H. Abdul Hamid.

Ketua DPRD Gresik Ir. H. Abdul Hamid mengatakan, dengan dilantiknya Moh. Syafi AM,SH jabatan Ketua Komisi mengalami kekosongan. “Harus segera diisi,”kata Hamid saat memimpin paripurna istimewa. Abdul Hamid menambahkan, pergantian antar waktu adalah hal biasa dalam dinamika politik selama proses yang ditempuh oleh Partai Politik dak melanggar ketentuan yang berlaku. “Pastinya kita memproses sesuai pengajuan dengan partai yang bersangkutan. Dan proses ini ditempuh dengan baik melalui paripurna istimewa hari ini,”imbuh Hamid. Proses pemberhentian jabatan ini sesuai dengan SK DPP PKB bernomor 23399/DPP-03/VI/A.1/VII/2017 tertanggal 7 Agustus 2017. “Ditambah lagi dengan SK dari Gubernur Jawa Timur nomor 171.437/475/011.2/2017 tentang pemberhentian jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD Gresik,”ucap H. Abdul Hamid. Ir. H. Abdul Hamid berharap dengan pergantian ini, DPRD Gresik akan semakin menguatkan kinerja para wakil rakyat dalam membawa aspirasi masyarakat. ”Kami optimis kinerja akan semakin baik. Butuh dukungan banyak pihak sehingga DPRD Gresik bisa mewakili masyarakat sesuai yang diharapkan,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Gresik, Dr. H Mohammad Qosim, M.Si mengatakan, PAW adalah hal biasa. Apalagi ini menyangkut partai sehingga bakal dilihat secara politis. “Biasa saja, hanya penyegaran agar tidak jenuh. Bukan hanya di DPRD, di Pemda pun juga ada mutasi. Kami ucapkan selamat kepada Pak Syafik semoga amanah,”jelas Qosim. H. Moh. Qosim yang juga Wakil Bupati Gresik tersebut mengungkapkan, PAW berjalan dengan baik. Tidak ada persoalan karena menurutnya PAW sama seperti mutasi di wilayah eksekutif agar ada proses penyegaran. “Ini hanya penyegaran saja. Ya seperti mutasi PNS agar segar kembali dan terjadi peningkatan kinerja. Jadi tidak ada masalah, biasa saja. Apalagi prosesnya berlangsung sesuai prosedur,”pungkasnya. Kami ucapkan selamat kepada Pak Syafik semoga amanah,”ungkap Qosim.

Saat proses penggantian jabatan tersebut, Sholihuddin, SH, MH rupanya tidak tampak hadir di Sidang Paripurna DPRD Gresik. Meski begitu, proses pengangkatan Wakil Ketua DPRD Gresik yang baru tetap dilaksanakan. Moh. Syafi’AM, SH yang merupakan kolegan Sholihuddin, SH, MH di DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gresik, tampak hadir dengan ditemani oleh istrinya.

Terpisah, Moh. Syafi’AM, SH mengungkapkan bahwa ini adalah tugas baru dirinya yang diemban partainya (PKB). Dan dirinya akan memperkuat visi misi pimpinan. “Pada sisa dua tahun masa jabatan ini, saya akan ikut memperkuat pimpinan yang lain sesuai visi misi yang saat ini telah berjalan,”katanya. Kita akan melakukan perbaikan kinerja supaya bisa lebih baik lagi”tutup Syafik usai pelantikan. “Intinya saya akan mengikuti alur yang selama ini telah berjalan di susunan pimpinan dewan. Saya juga akan mengusulkan para anggota dewan untuk meningkatkan pengawasannya. Paling tidak 6 hari dalam sebulan,” kata Syafi’ di hadapan para wartawan.(Sp/Adv)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar