Pemkot Menggelar Gemar Makan Ikan

surya indonesia
Pemkot Menggelar Gemar Makan Ikan

Probolinggo, Surya Indonesia
Menurut Walikota, peringatan gemar makan ikan sekaligus peringatan hari nusantara menggugah pentingnya kesadaran akan potensi perikanan. "Potensi perikanan kita sangat besar. Ini harus kita kelola dengan baik. Dan tingkat konsumsinya juga ditingkatkan," kata Walikota.
Dalam kegiatan gema insani ini, ada 800 anak TK  diberi bantuan olahan produk ikan. Walikota berharap,  masyarakat Ikut terlibat dalam kegiatan konservasi agar lingkungan hidup perikanan terjaga, lestari, dan berkelanjutan. Demikian pula konsumsi ikan masyarakat meningkat, seiiring melonjakkanya produksi ikan.
Produksi ikan dan olahannya yang melimpah, tapi tingkat konsumsi masyarakat yang belum mencapai target standar, membuat Pemkot Probolinggo berupaya maksimal. Kamis (17/11) pagi, pemkot melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), menggelar gemar makan ikan sumber protein hewani (Gema Insani). Kegiatan ini dipusatkan di areal tambak milik DKP, di Jl Anggrek, Mayangan. Walikota Hj Rukmini membuka kegiatan tersebut sekaligus menebar benih ikan bandeng ke tambak DKP.

Konsumsi ikan saat ini di Kota Probolinggo, kata Walikota, sebesar 32, 7 kg / perkapita / tahun. Seharusnya, konsumsi ikan masyarakat per kapita per tahun sebesar  40,9 kg.  Walikota meminta supaya konsumsi ikan atau pun olahannya ditingkatkan. Walikota meminta kegiatan gemar makan ikan dan produk olahan juga ditingkatkan.
Perwakilan Dirjen perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dr slSunam Hadi mengatakan, perlunya penguatan daya saing dan peningkatan produk kelautan. Kata hadi, gemar makan ikan sangat bagus untuk kesehatan dan kecerdasan. Sebab, sumber protein yang paling baik dan banyak berasal dari ikan.
Kepala DKP Ir. Budi Krisyanto menambahkan, kegiatan gema insani ini adalah untuk mengkomunikasikan kegiatan gemar makan ikan. Lalu, mengajak masyarakat mengelola sumber perikanan agar lingkungan tetap lestari. "Juga dalam rangka meningkatkan SDM dan mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan konsumsi gizi masyarakat," ujarnya.
Hadi mencontohnya, di Amerika Serikat, gemar makan ikan bagi ibu hamil itu dimaksudkan untuk memutuskan rantai kemiskinan. Sebab, dengan gemar makan ikan, maka generasi berikutnya akan cerdas, pintar dan akhirnya tak miskin lagi.
"Sejak dalam kandungan, gemar makan itu harus dilakukan. Supaya perkembamgan bayinya bagus. Dan ketika anak-anak, makan ikannya juga dilakukan. Supaya.cerdas," katanya. (yib-zen)
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar