Pembangunan PPI Tambak Rejo Blitar Selesai Desember 2015 Peningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Nelayan Blitar Dan Masyarakat Sekitarnya

Surya Indonesia
Papan Nama Proyek PPI

Surya Indonesia, Blitar

Harapan nelayan disekitar Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tambak Rejo-Blitar nampaknya akan dapat segera terkabul dengan adanya pembangunan yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur dengan tujuan meningkat kesejahteraan ekonomi nelayan Blitar dan masyarakat sekitarnya. Kabid Perikanan Tangkap Diskanlut Jatim Eryono mendampingi Heru Tjahjono, selaku Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Timur, menerangkan bahwa PPP terletak di Desa Tambak Rejo, masih dalam proses pengerjaan lanjutan dan akan segera tuntas pada 2015.
Pembangunan PPI yang sebelumnya ditangani Pemkab Blitar dibiayai APBD Kabupaten Blitar tersebut, sempat terhenti lantaran keterbatasan anggaran.
Pembangunan PPP di Blitar memiliki posisi strategis untuk mengangkat perekonomian masyarakat pesisir, seperti pelabuhan di pesisir selatan, ”terang Eryono.
Pemerintah provinsi tahun 2015 ini mengalokasikan anggaran sekitar Rp. 30 miliar untuk pekerjaan Pengerukan Material Pasir dan Pembuangan, Pengerukan Material Karang, Revetment, Gedung TPI, Instalasi Listrik, Instalasi Air, Lampu Penerangan Komplek, Drainase, Jalan Rigid Pavement, Gedung Kantor, Rumah Jaga dan Mess Operator dengan pemenang proyek PT. Jaya Etika Teknik beralamat di JL. KETINTANG BARU SELATAN VII NO.6 - Surabaya (Kota) - Jawa Timur.
Pembangunan PPP Tambak Rejo Blitar ini mempunyai peranan penting dengan ditambahkanya beberapa fasilitas pendukung kelengkapan pelabuhan selain tempat pelelangan ikan. Pembangunan PPI ini diharapkan nantinya akan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar pelabuhan, kontribusi ekonomi dari masyarakat setempat baik dari hasil tangkapan atau produksi perikanan laut tentunya akan meningkat sehingga pendapatan masyarakat Blitar khususnya, warga pesisir dapat diwujudkan, ”tambah Eryono
Di lain tempat Ikhsan selaku PPK proyek PPI Tambak Rejo Blitar juga menambahkan. ”Sebelumnya Pemerintah Propinsi Jawa Timur mengambil alih pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) di Tambak Rejo dari Pemerintah Kabupaten Blitar. Keputusan Propinsi ini ditandatangani Gubernur Sukarwo 4 Maret 2012 silam melaui SK Gubernur Maret 2012. Pengambil alihan ini termasuk kelanjutan pembangunannya, retribusi masuk pelabuhan dan sewa kios yang berada di kawasan itu. Sementara Pemerintah Kabupaten Blitar hanya akan kebagian pengelolaan tempat pelelangan ikan saja. “pungkas Ikhsan saat ditemui diruanganya. (Erm)
Surya Indonesia
Lokasi Pemabangunan PPI Tambak Rejo Blitar
Share on Google Plus

About Surya indonesia

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar